Logo Network
Network

Petugas Penuh Semangat Sambut Tamu Allah. Ini Rangkaian Proses Haji dari Awal hingga Akhir.

Dani Jumadil Akhir , Okezone
.
Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:25 WIB
Petugas Penuh Semangat Sambut Tamu Allah. Ini Rangkaian Proses Haji dari Awal hingga Akhir.
Ilustrasi (Foto: Okezone)

Proses penyelenggaraan ibadah haji ini dalam bentuk simulasi yang dilakukan petugas haji yang tergabung dalam Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2022.

Proses simulasi ini bagian dari gladi posko agar para petugas mengetahui pergerakan calon jamaah haji (calhaj) Indonesia, dari gelombang pertama, gelombang kedua hingga proses puncak haji.

Simulasi ini dimulai dari petugas haji di daerah kerja (Daker) bandara dalam menyambut kedatangan perdana jamaah haji Indonesia pada Juni 4 Juni 2022.

Petugas memberikan informasi kepada jamaah calon haji Indonesia perihal kesehatan hingga jangan lupakan protokol kesehatan (prokes).

"Ibu bapak jangan lupa banyak air minum ya. tetap jaga protokol kesehatan," pesan dari salah satu petugas yang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia.

Kemudian para calon jamaah haji Indonesia menanyakan perihal toilet hingga penggunaan masker kepada petugas. "Ada toilet? Saya ga punya masker bagaimana?" riuh suara jamaah calon haji Indonesia yang tengah melakukan simulasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Untuk masker, petugas pun memberikan masker kepada calon jamaah haji Indonesia. Sementara itu, ada juga simulasi mengenai calon jamaah haji Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan.

"Medis mana, medis mana, ini ada yang sakit," kata petugas lainnya.

Dengan sigap, para petugas haji yang bertugas di layanan kesehatan langsung memberikan bantuan kepada jamaah haji Indonesia.

Kemudian, jamaah haji Indonesia diarahkan untuk naik ke bus menuju Madinah.

Sebelum memasuki bus, para petugas mengecek daftar nama jamaah haji sesuai kloter kedatangan.

Di sini ada dua jalur, yakni fast track dan non fast track. Untuk fast track, jamaah haji Indonesia langsung naik bus, sementara non fast track para jamaah haji Indonesia melewati pengecekan kantor imigrasi.

Secara teknis, layanan Fast Track ini dapat menghemat waktu jemaah setibanya di bandara tujuan. Sebab, proses pengecekan dokumen keimigrasian (pre departure clearence), seperti visa dan paspor, sudah dilakukan sejak di bandara asal. Fasilitas fast track baru terlayani di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Pihak imigrasi Arab Saudi membuka konter di Bandara Soetta, dan melakukan pengecekan visa sebelum jemaah naik pesawat. Dengan demikian, semua proses keimigrasian sudah selesai sejak masih di Bandara Soetta.

Proses simulasi ini dalam rangka mengetahui sejauh mana materi bimbingan teknis yang diberikan narasumber dapat diimplementasikan oleh para petugas haji agar dapat melayani jamaah haji Indonesia dengan baik," kata Kasubdit Bina Petugas Haji Suvianto kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

Sementara itu, simulasi terus dilakukan di mana para jamaah haji Indonesia tiba di Madinah. Para petugas daerah kerja (Daker) Madinah pun siap menyambut kedatangan jamaah haji.

 

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini