get app
inews
Aa Read Next : 4 Menu Sarapan Enak, Bergizi dan Rendah Kolestrol

Begini Tips Puasa Bagi Lansia Agar Tetap Kuat dan Sehat

Sabtu, 16 April 2022 | 21:11 WIB
header img
Tips Puasa untuk Lansia. (Foto: Freepik)

Meski sudah berusia lanjut, banyak orang lanjut usia yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan secara optimal. Faktanya, orang tua tetap bisa berpuasa namun dikhawatirkan kekurangan gizi selama puasa. Hal ini dapat menyebabkan melemahnya otot dan tulang. 

berikut ada beberapa tips berpuasa untuk lansia Agar Tetap Bugar dan Sehat 

1. Menjaga pola makan 

Hal pertama yang harus dilakukan oleh lansia apabila ingin tetap sehat dan bugar ketika berpuasa adalah dengan menjaga pola makan. Saat puasa, seorang muslim hanya akan makan di saat sahur dan berbuka puasa. Agar badan tidak kekurangan gizi, aturlah pola makan lansia dengan baik. 

2. Makan yang bergizi 

Menjaga pola makan saja tidak cukup. Anda harus mengimbanginya dengan asupan makanan yang kaya akan gizi, seperti vitamin, mineral, serat, protein, dan lain-lain. Kandungan gizi tersebut bisa Anda dapatkan pada sayuran, buah, hingga daging dan olahan susu. 

3. Penuhi asupan cairan 

Saat berpuasa, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi. Apalagi bagi seorang lansia. Maka dari itu, memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sangat diperlukan. 

Minumlah air sebanyak 8 gelas per hari. Anda bisa membaginya menjadi 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas di sepanjang malam menjelang tidur. 

4. Lakukan olahraga ringan 

Lansia harus tetap bergerak agar otot di dalam tubuhnya tetap sehat. Lakukan gerakan ringan untuk melenturkan sendi dan meregangkan tubuh mereka. 

5. Istirahat yang cukup 

Cukupi kebutuhan istirahat tubuh Anda, yakni selama kurang lebih 8-9 jam per hari.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut