get app
inews
Aa Read Next : Napoli Berhasil Kalahkan Juventus 2-1 di Liga Italia 2023-2024

Timnas Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022, Ini Penyebabnya

Jum'at, 25 Maret 2022 | 08:51 WIB
header img
Berikut 5 penyebab Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane).

Timnas Italia kalah 0-1 dari Makedonia Utara di semifinal playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa path C.

Akibat kekalahan ini, tentunya Timnas Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2022, setelah sebelumnya juga absen di Piala Dunia 2018. Sebelum kalah dari Makedonia Utara, ada sejumlah hal yang membuat Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022. 

Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022, Ini Penyebabnya Sebagai berikut :

1. Domenico Berardi Pesakitan

Di saat Federico Chiesa absen membela Timnas Italia, Domenico Berardi dipercaya sebagai penggantinya. Sayangnya, winger Sassuolo itu gagal memanfaatkan kesempatan yang diberikan Roberto Mancini.

Tampil sepanjang laga, eks pemain Juventus ini membuat delapan tembakan. Dari delapan tembakan itu, dua di antaranya mengarah ke gawang Makedonia Utara.

Namun, tak ada bola yang masuk ke gawang Makedonia Utara. Alhasil, nama Berardi pun trending Twitter di Indonesia pagi ini.

2. Penampilan Gemilang Kiper Lawan

Italia kesulitan menaklukkan kiper Makedonia Utara, Stole Dimitrievski. Kiper yang satu ini membuat lima penyelamatan gemilang, setelah dihadapkan 32 tembakan dari Timnas Italia.

Bayangkan jika Stole Dimitrievski tak tampil apik, Makedonia Utara bisa kebobolan lima gol. Karena itu, lawan Whoscored memberikan nilai 7,5 kepada kiper yang satu ini.

3.Federico Chiesa Absen

Chiesa merupakan salah satu juru gedor andalan Timnas Italia saat juara Piala Eropa 2020. Namun, tenaga winger Juventus ini tak bisa diandalkan saat Italia menghadapi Makedonia Utara, efek mengalami cedera ACL sejak Januari 2022.

Akibatnya, pola serangan Timnas Italia menjadi monoton. Pola serangan yang monoton membuat Makedonia Utara berhasil menahan gempuran skuad asuhan Roberto Mancini.

4. Gagal Kalahkan Swiss

Timnas Italia menjalani laga hidup mati kontra Swiss di laga matchday ketujuh Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pada 12 November 2021. Jika menang di laga tersebut, Timnas Italia otomatis lolos ke Piala Dunia 2022.

Peluang Italia untuk menang sangat besar, mengingat laga digelar di kandang sendiri. Namun, Italia gagal memanfaatkan laga kandang setelah laga berakhir imbang. Kemudian di laga pamungkas fase grup pun, Italia hanya bermain 1-1 kontra Irlandia Utara di saat Swiss menumbangkan Bulgaria 4-0.

5. Performa Menurun

Setelah juara Piala Eropa 2020 pada medio Juli 2021, performa Timnas Italia menurun. Terbukti dalam lima pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pamungkas, atau kelar Piala Eropa 2020, Timnas Italia kesulitan meraih kemenangan.

Dalam lima pertandingan itu, Italia hanya mendapatkan satu menang dan empat imbang. Alhasil, Timnas Italia hanya finis sebagai runner-up Grup C dengan koleksi 16 angka, terpaut dua poin dari Swiss di puncak klasemen yang otomatis lolos ke Piala Dunia 2022. Finis runner-up membuat Timnas Italia terpental ke babak playoff.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut