get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Makanan Vegetarian Sehat dan Murah

Menyikat Gigi Ternyata Bisa Buat Otak Lebih Tajam, Yuk Simak Caranya

Senin, 21 Maret 2022 | 20:08 WIB
header img
Ilustrasi Sikat Gigi. (Foto: Shutterstock)

Rutinitas saat pagi dan malam hari biasanya melakukan penyikatan pada gigi (sikat gigi) untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Namun, kegiatan menyikat gigi ternyata bukan hanya untuk membersihkan mulut dan gigi saja, tetapi dapat membuat kemampuan otak menjadi lebih tajam dan juga sehat. Wah, kok bisa ya? Yuk kita simak cara dan penjelasan berikut ini.

Terdapat salah satu cara menyikat gigi yang dapat membuat kita mengalami penuaan yang sehat, yaitu seperti keseimbangan yang baik, otak menjadi lebih tajam dan sehat, tulang tubuh yang menjadi lebih kuat. Salah satu cara ini dilakukan dengan menyikat gigi sambil berdiri dengan satu kaki.

Setiap kali Anda menyikat gigi, pindahkan berat badan Anda ke satu sisi dan berdiri dengan satu kaki. Pastikan untuk berlatih secara merata pada kedua kaki. Jadi, misalnya saat Anda menyikat gigi di pagi hari, seimbangkan sisi kanan Anda. Kemudian di malam hari, keseimbangan di sisi kiri Anda.

"Tubuh kita cenderung lebih kuat atau lebih lemah di satu sisi, terutama seiring bertambahnya usia. Jadi tetap seimbang sangat penting," kata Rosalind Frydberg, instruktur kebugaran di Life Time ARORA seperti dikutip Antara dari Livestrong.

Frydberg menuturkan, berdiri dengan satu kaki saat Anda menyikat gigi membantu melatih otot-otot penstabil Anda - seperti adduktor (otot paha bagian dalam) dan abduktor (otot paha luar). Anda mendapatkan manfaat keseimbangan tambahan jika melakukan latihan satu kaki ini tanpa sepatu.

"Melakukan ini tanpa alas kaki juga membantu melatih otot-otot kecil di kaki kita dan memperkuat pergelangan kaki kita. Otot-otot ini juga penting untuk keseimbangan yang sehat," tutur dia.

Berdiri dengan satu kaki saat menyikat gigi membutuhkan banyak koordinasi dan ini berarti latihan untuk otak Anda. Berdiri dengan satu kaki juga dapat memperbaiki postur Anda dan "pose santai" Anda. Ini juga bisa menjadi strategi untuk membantu mengatasi peningkatan kelengkungan tulang belakang akibat postur bungkuk seiring bertambahnya usia.

Faktanya, olahraga sangat penting untuk menjaga postur yang sehat (dan kesehatan muskuloskeletal secara keseluruhan karena meningkatkan fungsi tulang dan otot, menurut Medical University of South Carolina.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut