get app
inews
Aa Read Next : Jika. Lupa Membayar Zakat Fitrah, Ini Hukumnya !

Deretan Makanan Sahur yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Jum'at, 18 Maret 2022 | 17:25 WIB
header img
Makan Sahur. (Foto: istimewa)

Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan, mari kita ketahui jenis makanan yang baik untuk di konsumsi pada saat sahur. Jenis makanan ini memiliki banyak nutrisi dan dapat membuat kenyang lebih lama, selain itu dapat membuat tubuh lebih segar.

Saat berpuasa, tubuh akan terasa lebih cepat lelah dan letih. Maka dari itu, hindari makanan-makanan cepat saji dan mulailah mencari tahu jenis makanan yang dapat membuat energi tubuh bertahan lebih lama.

Terlalu sering, orang memilih untuk melewatkan makan "sahur" sebelum fajar sama sekali atau memilih makanan yang salah. Padahal, memilih makanan yang Anda konsumsi saat sahur merupakan kunci untuk puasa yang mudah. Sahur yang seimbang akan membuat Anda merasa berenergi dan membantu mengurangi rasa lapar dan haus di siang hari.

Melansir laman English Alarabiya pada Kamis (17/3/2022), berikut adalah rekomendasi  makanan yang baik dikonsumsi saat sahur, supaya kenyang lebih lama.

1. Gandum Utuh
Oat adalah sumber serat yang memperlambat pelepasan energi, membuat Anda kenyang lebih lama. Oat yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dimasak, mengandung lebih banyak serat daripada varietas oat lainnya tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Masak oat dalam susu untuk efek yang lebih mengenyangkan.

Supaya lebih menggugah selera saat Anda menyantapnya pada saat sahur, Anda dapat membuat oat menjadi lebih manis dengan sedikit madu, dengan beberapa buah kering dan taburi dengan biji labu.

2. Telur Rebus
Telur dianggap sebagai sumber protein dan vitamin D yang sehat, meskipun dihindari oleh beberapa orang karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Namun, kolesterol dalam makanan memiliki dampak yang lebih kecil terhadap kadar kolesterol darah dibandingkan dengan lemak jenuh misalnya, dan orang yang memiliki kadar kolesterol darah tinggi diperbolehkan makan 2 butir telur seminggu.

3. Yoghurt
Ingin menyantap makanan manis saat sahur? Yoghurt beku polos yang dibeli di toko adalah jawaban Anda dan hanya perlu beberapa menit untuk disiapkan dalam mangkuk. Pastikan untuk memilih topping yang mengenyangkan, termasuk buah-buahan seperti beri dan granola.

4. Quinoa
Quinoa adalah sumber vegetarian dari protein dan serat lengkap dan merupakan alternatif bebas gluten yang bagus untuk gandum. Masak dalam santan dan potong dadu di beberapa apel dan kayu manis untuk santapan sahur yang enak.

5. Smoothie dari Buah-buahan
Tidak semua smoothie sama. Sementara banyak yang mengandung gula dalam jumlah tinggi dan dapat membuat Anda merasa lapar, lebih baik membuat smoothie dengan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami di dalamnya.

Campurkan biji chia kering, yogurt, anggur tanpa biji dengan kulit utuh, dan es kemudian haluskan. Hasil akhirnya? Smoothie yang kaya omega 3, serat, dan protein sekaligus menjaga gula darah Anda tetap seimbang.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut