get app
inews
Aa Read Next : Petani di Banyusari Sulit Dapat Air, 200 Hektare Sawah Terlambat Cocok Tanam

Peringati Hari Batik Nasional, IKWI Jawa Barat Gelar Workshop Membatik

Selasa, 22 Oktober 2024 | 20:13 WIB
header img
Peringati Hari Batik Nasional, IKWI Jawa Barat Gelar Workshop Membatik. Foto : Istimewa.

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat menggelar workshop bertajuk “IKWI Membatik” di Rumah Batik Komar, Bandung, pada Selasa, 22 Oktober 2024. Acara ini diadakan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober.

Ketua IKWI Jabar, Jiean Ajiyanpi Novalia, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk memperluas wawasan anggota. 

“Kami ingin keberadaan IKWI memberikan manfaat nyata bagi para anggotanya,” ujarnya.

Jiean menambahkan bahwa kegiatan sebelumnya mencakup berbagai topik seperti memasak dan kecantikan, dan kini fokus pada batik, warisan budaya Indonesia yang diakui dunia. 

“Batik merupakan identitas budaya kita, dan sangat penting bagi anggota untuk memahami cara pembuatannya,” tambahnya.

Sejak ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda pada 2 Oktober 2009, batik telah menjadi simbol kebanggaan bangsa. 

“Dengan workshop ini, kami berharap anggota lebih memahami proses pembuatan batik,” kata Jiean, yang juga menyampaikan terima kasih kepada Rumah Batik Komar atas kesempatan berharga ini.

Sementara itu, Ny. Yeyen Komar, yang mendampingi anggota, menyoroti keragaman batik khas kabupaten/kota di Jawa Barat. “Setiap daerah memiliki corak unik, seperti motif bunga Patrakomala dari Kota Bandung,” katanya.

Kemudian, Dr. H. Komarudin Kudiya, pemilik Rumah Batik Komar, menjelaskan pentingnya membedakan antara kain batik dan kain bermotif batik. “Kain batik dibuat dengan menggunakan lilin, sedangkan kain bermotif batik tidak,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu-ibu anggota IKWI Jabar sangat antusias mengikuti sesi membatik, menciptakan karya dengan beragam motif mulai dari flora hingga fauna, semua dilengkapi dengan nama masing-masing. 

Dengan kegiatan ini, IKWI Jabar berharap dapat terus mengedukasi dan memperkenalkan keindahan batik kepada lebih banyak orang di masa mendatang.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut