get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Asep Aang Rahmatullah Resmi Dilantik Jadi Sekda Karawang

Jum'at, 06 September 2024 | 16:43 WIB
header img
Asep Aang Rahmatullah Resmi Dilantik Jadi Sekda Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Asep Aang Rahmatullah resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Jumat, (6/9/2024) di Aula Husni Hamid, Pemkab Karawang.

Diketahui, sebelum pelantikan tersebut, Pemkab Karawang telah mengantongi persetujuan dan izin tertulis dari KASN, Pj Gubernur dan Mendagri untuk melakukan mutasi, rotasi ASN di lingkungan Pemkab Karawang.

Asep Aang sendiri diangkat menjadi Sekda Karawang melalui mekanisme manajemen talenta (talent pool) yang pelaksanaanya telah disetujui dan direkomendasikan oleh KASN dalam surat per tanggal 20 Agustus 2024 lalu kepada Pemkab Karawang. 

Ketika manajemen talenta dilaksanakan, pada saat itu, diikuti oleh 6 orang pejabat di Karawang sampai prosesnya terpilih nama 3 besar yakni Kepala Bapenda Karawang, Asep Aang Rahmatullah, Asda 1 Eka Sanatha dan Kepala Disdukcapil Bambang Susetyo. Lalu sampai akhirnya terpilih satu nama yakni Asep Aang Rahmatullah.

Selanjutnya Pemkab Karawang  mendapat tembusan surat dari dari Pj Gubenur Jawa Barat per tanggal 26 Agustus yang berisikan pemohonan persetujuan  pengangkatan dan pelantikan sekda di Pemkab Karawang ke Menteri Dalam Negeri dan per 4 September izin tertulis dari Mendagri turun ke Karawang, sehingga pada 6 Agustus ini sekda defenitif bisa dilantik. 

Izin tertulis dari Mendagri tersebut menjadi yang paling penting, karena baik dalam UU No 10 Tahun 2016 yeng manjadi aturan terbaru UU Pilkada, lalu PKPU No 2 Tahun 2024, termasuk SE Mendagri terbaru, semuanya berisi pengisian jabatan kosong di pemerintah daerah yang akan melaksanakan pilkada hanya dapat dilaksankan jika mendapat persetujuan atau izin tertulis dari Mendagri.

Sekadar informasi, kekosongan jabatan Sekda Karawang sudah terhitung sejak 1 Juli 2024 lalu, saat itu Acep Jamhuri mundur atau pensiun dini dari jabatannya sebagai pegawai negeri sipil. Saat itu Eka Sanatha ditunjuk jadi Plh Sekda dan selanjutnya Eka diangkat jadi Pj Sekda Karawang pada 10 Juli usai mendapat peretujuan dari Pj Gubernur Jawa Barat.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menuturkan, sekda baru harus bisa menjadi penggerak perbaikan dan inovasi kerja perangkat daerah dan ASN agar percepatan dan pemerataan pembangunan bisa benar-benar dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

"Pemerintah daerah Karawang harus menciptakan inovasi dan pengembangan yang baik dalam pembangunannya. Rakyat menunggu kita," kata Aep saat memberikan sambutan.

Aep pun menegaskan semua prosesi pengisian dan pelantikan jabatan kosong di Karawang didasari dengan aturan, termasuk izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri. 

"Saya pastikan BKSDM Karawang tidak ada lobi atau bayar-bayar jual-beli soal jabatan. Dan ini sudah dibuktikan," kata Aep.

"Saya mengucapkan selamat kepada Asep Aang Rahmatullah. Hari ini sudah resmi dilantik menjadi Sekda Karawang. Sekda harus bekerja dengan ikhlas, untuk kepentingan masyarakat Karawang," timpalnya.

Selain itu, Aep juga menghaturkan terima kasih kepas Asda 1 Eka Sanatha yang sebelumnya telah melaksan tugas sebagai Plh dan Pj Sekda Karawang dengan baik. Hanya sana pada saat prosesi pelantikan Aang menjadi sekda Eka berhalangan hadir lantaran sedang tugas dinas ke luar daerah.

"Saya berterimakasih support kepada ASN Karawang, yang sudah bekerja dengan baik. Kepada Pak Eka yang mengisi jabatan Plh dan Pj Sekda yang sudah memberikan dedikasi dan kinerjanya untuk Karawang dengan baik," tukasnya.

Di tempat yang sama, Sekda Karawang yang baru dilantik, Asep Aang Rahmatullah menuturkan, usai dilantik ia akan menjalankan tugasnya membantu bupati di dalam hal mengoordinasikan dan merumuskan kebijakan daerah untuk percepatan pembangunan dan perbaikan kualitas pelayanan terhadap masyarakat," kata Aang.

"Selain itu,  jabatan sekretaris daerah pun memiliki tugas sebagai kominikator, katalisator, regulator sudah pasti, evaluator, dan bisa menjadi motivator serta inspirator dalam hal percepatan dan pelayanan terhadap masyarakat, peran saya sebagai supporting system" timpalnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut