get app
inews
Aa Read Next : Mak Comblang Politik Ramaikan Pasar Jodoh Aep Syaepuloh dan Acep Jamhuri

Pengamat Politik Ingatkan Masyarakat Jangan Pilih Calon yang Berpotensi Korupsi di Pilkada 2024

Minggu, 09 Juni 2024 | 21:00 WIB
header img
Direktur Karawang Budgeting Control, Ricky Mulyana (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Sederet nama bakal calon Bupati Karawang sudah mencuat ke permukaan. Dari sederet nama yang disebut sebut bakal maju di pilkada Karawang menjadi sorotan publik. 

Salah satunya pengamat politik lokal Karawang, Direktur Karawang Budgeting Control (KBC), Ricky Mulyana buka suara terkait Pilkada 2024.

Ricky berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak untuk menentukan figur pemimpin yang membawa Karawang lebih baik lagi di masa yang akan datang. 

"Salah satu pertimbangan penting dalam memilih pemimpin daerah adalah integritas dan komitmen calon terhadap pemberantasan korupsi,"ungkap Ricky pada  Minggu (09/06/2024).

Ricky mengungkapkan, partisipasi pemilih di pilkada tersebut sangat menentukan. Jangan sampai kita kembali terjebak dalam lingkaran korupsi yang hanya akan merugikan rakyat dan menghambat pembangunan daerah.

"Korupsi adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh negara ini, termasuk di tingkat daerah,"sebut Ricky.

Ricky menjelaskan, korupsi tidak hanya menguras anggaran negara, tetapi juga menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan, dan memperburuk kualitas pelayanan publik. 

Oleh karena itu, kata Ricky, hal ini penting bagi masyarakat Karawang untuk lebih kritis dalam memilih calon pemimpin yang bebas dari praktik-praktik korupsi.

Ricky menguraikan beberapa alasan mengapa kita harus menghindari memilih calon yang berpotensi korupsi:

Dampak Negatif pada Pembangunan Daerah

Korupsi mengalihkan anggaran yang seharusnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan sektor-sektor vital lainnya ke kantong pribadi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, kualitas hidup masyarakat tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Mengurangi Kepercayaan Publik

Kepemimpinan yang korup merusak kepercayaan publik terhadap pemerintahan. Ketidakpercayaan ini dapat menyebabkan apatisme politik, di mana masyarakat merasa percuma untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi karena merasa tidak ada perubahan yang berarti.

Memperburuk Citra Daerah

Daerah yang dikenal dengan korupsinya akan memiliki citra buruk di mata investor dan wisatawan. Hal ini dapat menghambat masuknya investasi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Karawang.

Keteladanan untuk Generasi Muda

Memilih pemimpin yang jujur dan berintegritas tinggi memberikan contoh yang baik bagi generasi muda. Mereka akan belajar bahwa kesuksesan harus diraih dengan cara-cara yang benar, bukan melalui praktik korupsi dan manipulasi.

Untuk memastikan bahwa kita tidak memilih calon yang berpotensi korupsi, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan :

Pelajari Rekam Jejak Calon

Cari tahu tentang latar belakang, pengalaman, dan catatan integritas calon. Perhatikan apakah ada catatan korupsi atau pelanggaran hukum lainnya yang pernah dilakukan.

Ikuti Debat Publik dan Diskusi

Manfaatkan kesempatan untuk mengikuti debat publik dan diskusi yang melibatkan para calon. Perhatikan komitmen mereka terhadap pemberantasan korupsi dan bagaimana mereka merespon isu-isu krusial lainnya.

Cermati Program dan Visi-Misi

Program dan visi-misi yang jelas dan realistis adalah indikasi dari calon yang serius dan berkomitmen untuk membangun daerah. Hindari calon yang hanya memberikan janji-janji manis tanpa rencana yang konkret.

Gunakan Hak Pilih dengan Bijak

Pilihan Anda sangat menentukan masa depan Karawang. Jangan mudah terpengaruh oleh politik uang atau janji-janji palsu. Pilihlah berdasarkan kualitas dan integritas calon.

Ricky menambahkan, Pilkada Karawang 2024 merupakan kesempatan bagi kita semua untuk memilih pemimpin yang dapat membawa perubahan positif dan bebas dari korupsi. Jangan sia-siakan kesempatan ini dengan memilih calon yang hanya akan merugikan kita semua.

"Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk masa depan Karawang yang lebih baik dan bersih dari korupsi,"ajaknya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut