get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Massa Aksi Bela Palestina Tolak Israel di Olimpiade Paris

Breaking News: IWF Sebut Lifter Nurul Akmal Resmi Lolos ke Olimpiade Paris 2024!

Senin, 03 Juni 2024 | 21:17 WIB
header img
Nurul Akmal dipastikan raih tiket ke Olimpiade Paris 2024 (Foto: Instagram/@nurulakmal_12)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Berdasarkan keputusan International Weightlifting Federation(IWF), Lifter putri Indonesia asal Aceh,Nurul Akmal, memastikan tiket Olimpiade Paris 2024.

Diketahui pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Phuket, Thailand, April 2024, Amel belum mampu memperbaiki total angkatannya. Ia hanya berhasil pada satu angkatan snatch dengan berat 107 kg dan gagal dalam tiga kesempatan angkatan clean and jerk.

Pelatih kepala angkat besi, Dirdja Wihardja, menjelaskan, Amel yang menempati peringkat ke-11 dengan total angkatan 260kg, dinyatakan lolos.  

“Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota Kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya dalam kategori berat yang sama (apa pun Benuanya), dengan menghormati kuota maksimum per gender dan per NOC,” papar Dirdja dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia (MPI), Senin (3/6/2024).

Lebih lanjut, Dirdja mengatakan, setelah ini PABSI akan bersurat kepada IWF dengan menyatakan Amel akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Ia berharap anak asuhnya ini bisa meraih hasil manis di ajang bergengsi tersebut.

“Kami segera berkirim surat dan ini kesempatan bagi Amel untuk meraih prestasi terbaik di Paris nanti. Terutama dengan memperbaiki angkatannya,” ungkap Dirdja.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (Kabid Binpres PB PABSI), Hadi Wihardja OLY mengatakan, Amel setidaknya mampu memperbaiki total angkatannya menjadi 272 kg. Dengan begitu, ia akan bisa bersaing di Olimpiade nanti.

“Ia harus bisa menembus total angkatan itu, agar bisa bersaing dengan lawan-lawannya seperti lifter China, Li Wenwen dan lifter Korea Selatan, Hyejeong Park, serta lifter dari benua lainnya,” tutur Hadi.

Maka dengan begitu, ada tiga lifter Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, Eko Yuli Irawan dari kelas 61kg dan Rizki Juniansyah pada kelas 73kg sudah mengamankan tiket lebih dulu.

Adapun Olimpiade Paris 2024 merupakan ajang kedua bagi Amel setelah sebelumnya tampil di Tokyo 2020. Pada Olimpiade Tokyo, Amel tampil di kelas+87kg menempati peringkat kelima.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut