get app
inews
Aa Read Next : Kemenag Sebut Jamaah Haji Indonesia Meninggal Tembus 200 Orang

Demi Antar Tetangga Naik Haji,Mak Sombret Naik Ojek PP Pekalongan-Solo, Rela Rogoh Uang Sendiri

Minggu, 26 Mei 2024 | 14:29 WIB
header img
Ilustrasi viral Mak Sombret naik ojek PP Pekalongan-Solo demi antar tetangga berangkat haji. (Foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTAiNewsKarawang.id-Setelah kisah yang sangat menyentuh hati warganet,seorang wanita paruh baya bernama Mak Sombret, viral di media sosial. 

Pasalnya wanita paruh baya itu  yang rela menyewa ojek PP (pergi-pulang) PekalonganSolo demi ikut iringan jamaah haji.

Diketahui, awalnya Mak Sombret bersama rombongan pengantar lainnya dibekali sebuah bus untuk mengiringi jamaah haji. Tapi, wanita paruh baya tersebut tidak kebagian kursi dan petugas bus tidak berani membawa penumpang melebihi kapasitas dengan alasan keselamatan.

Akhirnya Mak Sombret memutuskan naik ojek untuk ikut iring-iringan pengantar jamaah haji dari Kota Pekalongan menuju Kota Solo. Dirinya pun rela mengeluarkan uang sebesar Rp600 ribu untuk sampai ke tempat tujuan dan kembali ke titik awal.

Kisah viral menyentuh ini dibagikan akun Instagram @undercover.id yang memperlihatkan Mak Sombret berusia 54 tahun beserta kronologinya. Dalam unggahan itu, dijelaskan Mak Sombret merupakan warga Desa Kulu, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Dalam unggahan viral itu, disebutkan bahwa Mak Sombret hanya memegang uang sebesar Rp1,5 juta. Tapi, ia rela mengeluarkan uang Rp600 ribu untuk ikut iring-iringan jamaah haji dengan menyewa ojek.

Mak Sombret yang menumpangi sepeda motor harus berpisah dengan rombongan pengantar jamaah haji karena bus masuk jalan tol. Sesampainya di Solo, Mak Sombret tidak bertemu dengan bus dari Desa Kulu. Namun, ia bertemu rombongan pengantar haji dari Desa Tanjungsari Kajen. 

Berdasarkan pengakuannya, Mak Sombret diberi uang saku oleh Kepala Desa Tanjungsari Bapak Uyun sebesar Rp100 ribu. Kemudian, dia memutuskan kembali ke Kulu dan tiba di sana sekira pukul 20.00 WIB.

Unggahan viral tentang Mak Sombret ini pun mendapat banyak tanggapan dari warganet. Sejumlah orang merasa simpati dengan Mak Sombret. Terlebih lagi setelah mengetahui bahwa wanita paruh baya tersebut berasal dari kalangan kurang mampu. 

"Ayuk kita bantu ibuuu," tulis pemilik akun @kaori***** di kolom komentar.

"Saking penginnya dapat barokah orang haji biar bisa cepat haji juga," ungkap @fathur*****.

"Keren mbah," komentar @artha*****.

"Yuk patungan untuk bisa umrah si ibuknya. Mana nih," tulis @meghan*****.

"Semoga beliau mendapat rezeki dan bisa berangkat umrah juga," pungkas @jeha*****.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut