get app
inews
Aa Read Next : Selama Mudik Lebaran 2024, Sebanyak 8.725 Kendaraan Langgar Ganjil Genap

Arus balik 2024, Rest Area Km 101 B Tol Cipali Membeludak, Lalin Padat Merayap

Jum'at, 12 April 2024 | 20:15 WIB
header img
Rest Area Km 101 B Tol Cipali Membeludak, Lalin Padat Merayap/Okezone

SUBANG, iNewsKarawang.id- Dua hari setelah lebaran atau arus balik 2024, tampak pemudik membeludak di tempat istirahat atau rest area Kilometer (Km) 101 B Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada Jumat (12/4/2024) malam WIB. 

Rest area Km 101 B Tol Cipali, Subang, Jawa Barat ini merupakan tempat istirahat yang menjadi persinggahan para pemudik sebelum kembali ke Jabodetabek.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di lapangan mendapati, antrean kendaraan yang ingin beristirahat sudah dimulai dari pukul 19.00 WIB. Mereka mengantre untuk mencari parkiran yang tersedia.

Sementara, menurut pantauan MPI, kantung parkir sudah cukup penuh. Namun begitu, petugas Kepolisian yang berjaga terlihat mengatur lalu lintas agar kepadatan terurai.

Sistem parkir paralel pun diberlakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi. Selain itu, pemudik juga hanya diperbolehkan beristirahat maksimal 30 menit.

Di sisi lain, arus lalu lintas (lalin) dari arah Jawa Tengah menuju Jabodetabek mulai padat merayap, tepatnya di sekitar Km 102 Tol Cipali arah Jakarta. Kendaraan yang melintas terpantau berjalan pelan dengan perkiraan kecepatan 15 km/ jam.

Korlantas Polri sendiri menunda skema satu arah atau one way dari GT Kalikangkung Km 414 hingga Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 72. Penundaan ini dikarenakan kendaraan yang melintas masih di bawah parameter pemberlakuan rekayasa lalu lintas.

Dengan demikian, para pengendara masih bisa melalui GT Kalikangkung-Tol Cipali seperti biasa. Meski begitu, Korlantas Polri juga mengimbau para pengendara untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas.

Sebelumnya, skema one way direncanakan untuk mengurai kepadatan kendaraan dari GT Kalikangkung - Km 72 Tol Cipali. Skenario rekayasa lalin ini akan dimulai dari Km 414 Tol Semarang - Batang hingga Km 72 Tol Cipali pada hari ini, Jumat (12/4/2024) pukul 14.00 - 24.00 WIB.

Namun, skema rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional dan mengikuti diskresi dari pihak Kepolisian. Adapun, Astra Infra Toll Road Cipali memprediksi puncak arus balik lebaran 2024 akan terjadi pada 14 & 15 April 2024.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut