Logo Network
Network

Menko PMK Muhadjir Pastikan Seluruh Rest Area Tol Siap Layani Pemudik

Binti Mufarida/ Boby
.
Selasa, 02 April 2024 | 12:20 WIB
Menko PMK Muhadjir Pastikan Seluruh Rest Area Tol Siap Layani Pemudik
Menko PMK, Muhadjir Effendy (foto: Dok Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan seluruh Rest Area Tol siap layani pemudik.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat meninjau Rest Area KM 88B Cipularang, Jawa Barat. 

Menurut Muhadjir, di rest area tersebut sudah memiliki fasilitas inklusif untuk kelompok rentan, ibu hamil, ibu dengan anak bayi, dan anak-anak. "Ada  ruangan laktasi dan taman bermain anak-anak yang menambah kenyamanan bagi para pemudik kalangan ibu dan anak,"ujarnya.

Ia mengimbau pengelola rest area untuk meningkatkan kenyamanan rest area dan mencontoh praktik baik Rest Area KM 88B Cipularang. Menurutnya hal itu sangat penting untuk menambah kenyamanan pemudik dari kelompok rentan.

"Di rest area saya himbau kepada pengelola harus ada tempat bermain anak dan tempat ruang laktasi untuk ibu menyusui karena itu menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan pelayanan pada mereka yang rentan," jelas Muhadjir dalam keterangan resminya, Selasa (2/4/2024).

Selain dengan upaya yang dilakukan pemerintah, Muhadjir menyebut, kenyamanan mudik tergantung oleh perilaku dari pemudik itu sendiri. Karenanya, dia pun mengimbau para pemudik untuk memastikan semua kesiapan saat mudik, menjaga keamanan lingkungan rumah yang ditinggal, serta memanfaatkan fasilitas di rest area secukupnya dan bergantian dengan pemudik lain.

"Tentu saja pada akhirnya akan tergantung pada perilaku pemudik. Karena itu berbagai macam hal yang tadi sudah saya sampaikan pada pemudik supaya dipatuhi betul. Mudah-mudahan mereka yang akan mudik betul-betul menyiapkan dengan baik. Juga kalau bisa ambil mudik awal. Lebih enteng," ujarnya.

Dalam kesempatan peninjauan Rest Area KM 88B Cipularang, Muhadjir juga melakukan penanaman pohon secara simbolis di ruang terbuka hijau yang mensukseskan program Penanaman 10 Juta Pohon Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.