get app
inews
Aa Read Next : Ingat, Ingat! Besok Malam Nisfu Syaban, Jangan Lupa Perbanyak Amal Ibadah Ini

Kalam : Dosa-dosa Apa Saja yang Tak Dapat Ampunan di Malam Nisfu Syaban? Ini Ulasannya!

Sabtu, 24 Februari 2024 | 16:10 WIB
header img
Ilustrasi dosa dosa apa saja yang tak dapat ampunan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Malam Nisfu Syaban menjadi momen istimewa bagi umat Islam di Indonesia. Namun Dosa-dosa apa saja yang tak dapat ampunan di malam Nisfu Syaban? 

Terlebih umat muslim menyambutnya dengan doa dan ibadah serta dzikir agar diampunkan dosanya. Sayang, ada beberapa dosa atau golongan yang tidak akan mendapatkan ampunan.

Lantas dosa-dosa apa saja yang tak dapat ampunan di malam Nisfu Syaban:

Muhammad Alvin Nur Choironi, pegiat kajian tafsir dan hadits, menjabarkan dengan mengutip keterangan dari Sayyid Muhammad dan hadits yang diriwayatkan Imam At-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu‘adz bin Jabal.

Di dalam hadits tersebut, Alvin dalam artikelnya berjudul Dosa-Dosa yang Tak Diampuni di Malam Nisfu Sya'ban yang diunggah NU Online, menjabarkan bahwa ada dua dosa besar yang tidak diampuni di malam nisfu Sya’ban, yakni dosa syirik dan munafik yang memicu perpecahan.

Allah memandang semua makhluk-Nya pada malam nisfu Sya‘ban kemudian mengampuni dosa mereka kecuali dosa Musyrik dan dosa kemunafikan yang menyebabkan perpecahan.

Dijelaskan, meskipun hadits di atas dhaif, tetapi masih tetap bisa diamalkan karena terkait dengan fadhail ‘amal. Kedhaifannya juga tidak terlalu parah. Hal ini merupakan pendapat mayoritas ulama hadits sebagaimana yang telah disebutkan oleh An-Nawawi dalam Taqrib-nya.

Selain syirik dan Munafik yang menyebabkan perpecahan, dosa yang tidak bisa serta merta diampuni pada malam nisfu Sya’ban, yaitu durhaka terhadap orang tua dan zina.

Dosa tersebut bahkan tidak mendapat ampunan di malam pengampunan lain seperti Ramadhan, asyhurul hurum, dan lainnya. Dosa-dosa besar tersebut bisa diampuni jika pelaku dosa tersebut bertobat dengan tobat yang sebenar-benarnya (taubatan nasuha).

Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut