get app
inews
Aa Read Next : Dewan Keamanan PBB Merujuk Palestina untuk Jadi Anggota Penuh PBB ke Komite

Mengerikan! Bentrok di Perbatasan Sudan Selatan-Sudan Tewaskan 50 Orang

Selasa, 30 Januari 2024 | 12:30 WIB
header img
Bentrokan di perbatasan Sudan-Sudan Selatan tewaskan 50 orang (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Terjadi bentrokan di wilayah yang disengketakan antara Sudan Selatan dan Sudan, lebih dari 50 orang tewas, termasuk Penjaga Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dilaporkan, selama tiga tahun di wilayah Abyei yang kaya minyak, Ini adalah insiden paling mematikan dalam serangkaian bentrokan.

Menurut keterangan pihak berwenang setempat menyebut dua kelompok bersenjata menyerbu Abyei pada Sabtu (27/1/2024).

Selanjutnya PBB mengatakan sehari setelahnya, pasukan penjaga perdamaian mendapat kecaman ketika mengangkut warga sipil yang terkena dampak ke rumah sakit.

Sudan Selatan dan Sudan bersama-sama mengelola Abyei, dan keduanya mengklaim kepemilikan wilayah tersebut dalam perselisihan yang belum terselesaikan sejak Selatan merdeka pada 2011.

Pertempuran pada akhir pekan ini dilaporkan terkait dengan konflik pertanahan antara faksi-faksi yang bersaing dalam kelompok etnis Dinka yakni Ngok dan Twic, masing-masing dari negara bagian Abyei dan Warrap, Sudan Selatan.

Menurut pernyataan pihak berwenang di Daerah Administratif Khusus Abyei, sekelompok pemberontak bergabung dengan pemuda bersenjata dari faksi Twic dan melakukan serangkaian serangan terkoordinasi yang biadab yang dimulai pada Sabtu (27/1/2024) pagi.

Empat puluh dua orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas pada hari pertama serangan.

Pasukan Keamanan Sementara PBB untuk Abyei (Unisfa), dalam sebuah pernyataan mengatakan korban jiwa pada Sabtu (27/1/2024) termasuk seorang penjaga perdamaian asal Ghana. Unisfa pun menyerukan penyelidikan "cepat" terhadap kekerasan tersebut.

Unifsa juga mengatakan bahwa pada Minggu (28/1/2024), pasukan penjaga perdamaian lainnya mendapat serangan saat mengangkut warga sipil yang terkena dampak dari pangkalan Unifsa ke rumah sakit.

Seorang penjaga perdamaian Pakistan tewas, dan empat personel berseragam dan satu warga sipil setempat menderita luka-luka.

Pernyataan Unifsa, yang dirilis pada Senin (29/1/2024), menambahkan jika saat ini, menurut otoritas setempat, 52 warga sipil telah kehilangan nyawa, sementara 64 lainnya dikatakan terluka parah.

Menurut kantor berita AFP Rou Manyiel Rou, sekretaris jenderal Daerah Administratif Khusus Abyei, mengatakan pada Sabtu (27/1/2024) bahwa kekerasan tersebut terkait dengan konflik antara komunitas Ngok dan Twic (Dinka) yang telah berlangsung lama.

Inggris, Norwegia dan Amerika Serikat, trio internasional yang mensponsori kemerdekaan Sudan Selatan, mengatakan pada Senin (29/1/2024) bahwa mereka sangat prihatin dengan meningkatnya kekerasan dalam beberapa bulan terakhir antara komunitas yang tinggal di dalam dan sekitar Abyei.

“Semua pemimpin yang memiliki pengaruh terhadap komunitas yang terlibat dan gagal memanfaatkannya untuk mendukung perdamaian menunjukkan ketidakpedulian mereka terhadap kepentingan rakyatnya,” kata pernyataan bersama tersebut, menurut AFP.

Serangan mematikan yang terjadi pada akhir pekan ini menyusul bentrokan pada November tahun lalu yang menewaskan 32 orang, termasuk seorang penjaga perdamaian PBB.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut