get app
inews
Aa Read Next : Optimis Skuad Garuda Menang, Jokowi Bakal Saksikan Langsung Laga Timnas Indonesia vs Filipina

Timnas Indonesia Kalah 1-3 atas Jepang di Piala Asia 20231,Samurai Biru Lolos ke 16 Besar

Kamis, 25 Januari 2024 | 00:04 WIB
header img
Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Jepang. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Laga penentu di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, Tim Nasional (Timnas) Indonesia kalah 1-3 dari Jepang  pada Rabu (24/1/2024) malam WIB. 

Atas kemenangan tersebut Samurai Biru dipastikan Lolos ke 16 besar dengan status runner-up Grup D Piala Asia 2023. Jepang menemani Irak yang sudah lolos lebih dulu sebagai juara grup.

Sedangkan Timnas Indonesia yang kalah dari Timnas Jepang kini bertengger di peringkat ketiga. Nasib Timnas Indonesia untuk lolos atau tidaknya ke 16 besar kini tergantung hasil laga pamungkas Grup E dan Grup F yang baru akan bermain pada Kamis 25 Januari 2024.

Laga kedua tim berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Garuda kalah gara-gara dua gol yang dicetak Ayase Ueda di awal babak pertama dan babak kedua.

Lalu gol ketiga Jepang terjadi gara-gara gol bunuh diri Justin Hubner di menit 88. Sedangkan gol Garuda dicetak Sandy Walsh di menit 90+1.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia sejak awal laga benar-benar mendapatkan tekanan yang luar biasa dari Jepang. Sejak peluit dibunyikan, mungkin Timnas Indonesia sangat jarang menguasai bola.

Jepang selalu bisa merebut dan menguasai bola lagi. Sementara Timnas Indonesia lebih banyak membuang bola atau kehilangan bola.

Hanya saja, pada menit keempat Jordi Amat melakukan pelanggaran yang tidak perlu kepada Ayase Ueda. Sebab posisi Ayase kala itu tidak terlalu mengancam meski berada di area kotak penalti Timnas Indonesia.

Awalnya pasukan Timnas Indonesia sempat melakukan protes dan wasit memilih mengecek insiden itu lewat VAR. Setelah direview lewat VAR, Jordi Amat benar melakukan pelanggaran dan Jepang pun mendapatkan penalti.

Ayase yang dipercaya mengambil penalti itu berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Ernando Ari yang sejatinya lompat ke arah yang bola gagal menggapainya karena tendangan Ayase terlalu kencang.

Setelah unggul 1-0, Jepang nyatanya terus menekan Timnas Indonesia. Setidaknya 70 persen penguasaan bola dikuasai Jepang.

Jepang mencatatkan enam peluang dan satu shoot on goal. Sedangkan Garuda belum berhasil mencetak peluang.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, pelatih Timnas Indonesia terlihat belum melakukan pergantian pemain. Begitu juga yang dilakukan juru taktik Jepang, Hajime Moriyasu.

Dengan mempertahankan 11 pemain yang sama, kedua tim pun tampil dengan permainan cepat lagi. Namun, Jepang jelas masih menguasai jalannya pertandingan bahkan mereka langsung menambah gol di menit 52 berkat aksi Ayase Ueda lagi.

Kali ini Ayase Ueda mencetak gol usai meneruskan umpan silang dari Ritsu Doan. Skor 2-0 untuk keunggulan Samurai Biru.

Melihat kondisi itu, Shin Tae-yong langsung memasukkan pemain baru. Ia memainkan Witan Sulaeman yang menggantikan Yakob Sayuri.

Jepang turun memainkan pemain baru seperti Takumi Minamino, Daizen Maeda. Timnas Indonesia juga menarik Egy yang terlihat cedera dan Shin Tae-yong memainkan Elkan Baggott.

Meski begitu, pada akhirnya Timnas Indonesia tetap gagal mencetak gol. Malahan Garuda kalah 0-3 dari Jepang karena gol bunuh diri Justin Hubner di menit 88.

Hasil itu membuat nasib Elkan Baggott cs kini bergantung dengan hasil dari Grup E dan Grup F.

Berikut Daftar Line Up Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023:

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Egy Maulana Vikri.

Cadangan: Riyandi, Nadeo, Wahyu, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Ricky Kambuaya, Adam, Marc Klok, Shayne Pattynama, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Hokky Caraka.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut