get app
inews
Aa Read Next : DLH Sediakan 4 Taman Baru, Cocok Jadi Tempat Ngabuburit Buat Warga Karawang

Sampah di TPS Menggunung Tak Terangkut, Ini Alasan DLHK

Rabu, 17 Januari 2024 | 10:50 WIB
header img
Tempat penampungan sampah sementara di Jalan Lingkar Tanjungpura, Kabupaten Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Beberapa titik tempat penampungan sampah sementara di Kabupaten Karawang tidak terangkut hingga menggunung dan tumpah ke badan jalan. 

Tps yang tidak terangkut sampahnya tersebut salah satunya berlokasi di Jalan Lingkar Tanjungpura, Kabupaten Karawang. 

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala DLH Karawang, Agus Sanusi mengungkapkan jika tidak terangkutnya sampah dibeberapa titik tps di Karawang disebabkan adanya kerusakan pada alat berat milik dinas lingkungan hidup yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Jalupang.

Hal tersebut menyebabkan lambatnya penurunan sampah di tpas Jalupang, sehingga mobil pengangkut sampah tidak bisa mengangkut sampah secara maksimal.

"3 unit alat berat di tpas Jalupang tidak bisa beroperasi karena rusak. Otomatis imbasnya ke pengangkutan sampah dibawah (di tps)," Kata Agus, Selasa,(16/1/2024).

Lanjutnya, Ia juga menyebut jika dampak dari rusaknya alat berat tersebut menyebabkan terjadinya antrian cukup panjang di tpas Jalupang.

"Jadi, karena alatnya rusak, mobil pengangkut sampah yang masuk pun ikut ngantri karena sampah yang diturunkan menumpuk sehingga mobil sulit untuk keluar masuk," Jelasnya.


Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karawang, Agus S (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

Dari persoalan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk meminjam alat berat untuk membantu proses penataan sampah di tpas Jalupang.

"Sudah, kita sudah minta bantuan alat berat ke PUPR. Alhamdulillah, hari ini sudah mulai kembali normal. Namun, alat berat milik kita (dlh) belum selesai diperbaiki," Katanya.

"Insyaallah, hari Kamis atau Jumat, pengangkutan sampah akan kembali normal seutuhnya," Imbuhnya.

Selain itu, Agus juga meminta maaf kepada masyarakat Kabupaten Karawang akan keterlambatan pengangkutan sampah yang lambat. Dan Ia juga mengajak masyarakat agar ikut serta membantu terkait persoalan sampah di Karawang.

"Mohon maaf atas keterlambatannya, untuk soal sampah bukan hanya DLH saja yang harus mengelola sampah, tapi masyarakat juga baiknya ikut membantu kita dengan tidak membuang sampah sembarangan yang bukan tempatnya," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut