get app
inews
Aa Read Next : Gedung Bertingkat Kebakaran Tewaskan 43 Orang, Api dengan Cepat Menyebar

16 Anggota Keluarga Tewas Tersambar Petir saat Pesta Pernikahan, Ini Kisahnya Menyayat Hati!

Minggu, 31 Desember 2023 | 13:59 WIB
header img
Kisah sedih 16 anggota keluarga tersambar petir saat pesta pernikahan (Foto: Mamun)

JAKARTA,iNewsKarawang.id- Kisah seorang pemuda bernama Mamun di Bangladesh suatu hari dia mengira akan merayakan pernikahannya, namun dia malah menguburkan 16 kerabatnya.

Mereka tewas tersambar petir dalam perjalanan menuju upacara. Dengan mengenakan sari dan jas terbaik mereka, anggota keluarganya menaiki perahu untuk bergabung dengan Mamun, ketika badai besar melanda. 

Kemudian saat hujan deras, perahu menepi dan mereka berlindung di bawah gudang timah di tepi sungai, ketika mereka tertabrak.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Bangladesh, yang dilanda cuaca ekstrem dan badai besar, menderita rata-rata 300 kematian akibat sambaran petir setiap tahunnya.

Jumlah tersebut dibandingkan dengan jumlah kasus yang kurang dari 20 kasus per tahun di Amerika Serikat (AS), yang jumlah penduduknya hampir dua kali lipat.

Ini merupakan beban berat bagi negara di Asia Selatan, dan bagi banyak orang seperti Mamun, yang untuk pertama kalinya berbicara tentang apa yang terjadi pada hari itu pada Agustus 2021.

Pria berusia 21 tahun itu sedang bersiap-siap di rumah mertuanya di daerah Shibganj di barat laut negara itu, ketika dia mendengar suara guntur, beberapa menit sebelum dia mendapat berita yang menyayat hati.

Dia bergegas ke keluarganya, di mana dia dihadapkan pada kekacauan dan kebingungan.

“Beberapa orang memeluk jenazah yang terluka menangis kesakitan, anak-anak menjerit. Saya bingung. Saya bahkan tidak bisa memutuskan siapa yang harus saya temui terlebih dahulu,” kenang Mamun.

Mamun kehilangan ayah, kakek nenek, sepupu, paman dan bibinya. Ibunya tidak ada di kapal dan selamat dari serangan petir.

“Ketika saya menemukan mayat ayah saya, saya langsung menangis. Saya sangat terkejut hingga jatuh sakit,” lanjutnya.

Malam harinya, pemakaman kerabatnya dilangsungkan. Pesta pernikahan yang seharusnya mereka nikmati malah dibagikan kepada para tunawisma.

Mamun kemudian menikah, namun mengatakan dia tidak merayakan ulang tahun pernikahannya karena hal itu memicu kenangan menyakitkan.

“Setelah kejadian tragis itu, sekarang saya sangat takut dengan hujan dan guntur,” terangnya.

Petir adalah pembunuh terbesar di Bangladesh, yang merenggut lebih banyak nyawa setiap tahunnya dibandingkan banjir.

Jumlah kematian yang dilaporkan akibat petir juga meningkat tajam, dari hanya puluhan kematian per tahun pada 1990-an.

NASA, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan pemerintah Bangladesh menyebutkan meningkatnya badai akibat perubahan iklim sebagai alasan meningkatnya serangan mematikan.

“Pemanasan global, perubahan lingkungan, dan pola hidup merupakan faktor-faktor yang menyebabkan meningkatnya angka kematian akibat sambaran petir,” kata Md Mijanur Rahman, direktur jenderal divisi manajemen bencana Bangladesh, kepada BBC.

Saking seriusnya, pemerintah menambahkan sambaran petir ke dalam daftar resmi bencana alam yang dihadapi negara ini, yang meliputi banjir, angin topan, gempa bumi, dan kekeringan.

Mayoritas korban petir adalah petani, yang rentan terhadap cuaca saat mereka bekerja di ladang selama musim hujan di musim semi dan musim panas.

Sebuah kaos sepak bola, yang digantung di pagar reyot, menghadap ke lapangan di wilayah Satkhira, Bangladesh, adalah kenangan yang menyedihkan tentang salah satu korban.

Beberapa hari sebelumnya, baju tersebut pernah dikenakan Abdullah saat menyusuri sawah yang luas untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Kini, tersampir di atas pembatas kayu, kaos sepak bola Barcelona sudah hangus dan terkoyak, tepi benang yang terbakar menunjukkan bekas sambaran petir pada Mei lalu.

Istri Abdullah selama tiga dekade, Rehana, mengajak saya ke lapangan untuk menceritakan apa yang terjadi pada hari dia kehilangan suaminya.

Cuaca cerah dan cerah ketika Abdullah dan sekelompok petani pergi memanen padi. Menjelang sore, badai besar mulai terjadi, dan sambaran petir menyambar suaminya.

“Beberapa petani lain membawanya ke toko pinggir jalan ini,” kata Rehana sambil menunjuk ke sebuah gubuk kecil di sepanjang jalan. "Saat itu dia sudah mati,” lanjutnya.

Kembali ke rumah Rehana, beras yang dipanen Abdullah sehari sebelumnya tergeletak di tumpukan segar di luar rumah kecil berkamar satu itu.

Pasangan itu baru-baru ini mengambil pinjaman untuk membangun kamar kedua untuk memperluas rumah sederhana mereka.

Di dalam, putra pasangan itu yang berusia 14 tahun, Masood, sedang membaca buku. Tanpa penghasilan utama, Rehana khawatir dia akan terlilit hutang seumur hidup dan bertanya-tanya bagaimana dia akan membiayai studinya.

“Rasa takut mencengkeram saya begitu dalam sehingga sekarang jika saya melihat awan di langit, saya bahkan tidak berani membiarkan anak saya keluar lagi,” katanya sambil berlinang air mata.

Petir juga menjadi kekhawatiran yang semakin besar di negara-negara lain. Termasuk negara tetangga India yang juga mengalami peningkatan jumlah serangan dalam beberapa tahun terakhir, namun terjadi penurunan jumlah korban jiwa secara signifikan karena sejumlah inisiatif.

Terdapat upaya di Bangladesh untuk berbuat lebih banyak untuk mengurangi jumlah kematian akibat petir.

Para aktivis mengatakan lebih banyak pohon tinggi perlu ditanam di daerah pedesaan terpencil untuk menyerap dampak pemogokan, terutama di tempat-tempat yang mengalami deforestasi paling parah.

Mereka juga menyerukan program skala besar untuk membangun gudang penangkal petir, sehingga para petani dapat berlindung dengan aman, dan untuk sistem peringatan dini yang lebih luas untuk memperingatkan masyarakat tentang kemungkinan terjadinya badai.

Salah satu tantangannya adalah buruknya konektivitas dan kurangnya penggunaan ponsel di wilayah dimana masyarakat paling rentan.

Kurangnya kesadaran juga merupakan sebuah tantangan. Banyak orang di negara ini tidak menyadari betapa berbahayanya petir. Hanya sedikit orang di seluruh dunia yang mengira akan tersambar petir.

Petani Ripon Hossen – yang bersama Abdullah pada hari dia terbunuh – tidak pernah membayangkan seperti apa petir jika dilihat dari dekat, sampai petir itu menyambar.

“Ada suara keras besar, lalu saya melihat banyak lampu berkedip,” kenangnya.

“Seolah-olah ada piringan api yang menimpa kami. Saya merasakan sengatan listrik yang hebat dan jatuh ke tanah,” lanjutnya.

“Setelah beberapa saat, saya membuka mata dan melihat Abdullah telah meninggal,” ujarnya.

Ripon tidak percaya dia selamat. Ia mengatakan bahwa ia takut untuk bekerja di tempat terbuka, namun di daerah pertanian yang miskin ini, bertani adalah satu-satunya sumber pendapatan baginya.

“Saya menangis setiap kali memikirkan teman saya Abdullah,” katanya.

"Saat aku memejamkan mata di malam hari, semua kenangan hari itu kembali seperti kilas balik. Aku tidak bisa menghibur diriku sendiri,” tambahnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut