get app
inews
Aa Read Next : Optimis Skuad Garuda Menang, Jokowi Bakal Saksikan Langsung Laga Timnas Indonesia vs Filipina

6 Pemain yang Resmi Dinaturalisasi di Era Shin Tae-yong

Kamis, 07 Desember 2023 | 09:50 WIB
header img
Rafael Struick dan Shayne Pattynama siap membela Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA,iNewsKarawang.id- Sejumlah pemain keturunan telah resmi dinaturalisasi di era Shin Tae-yong guna membuat skuad Timnas Indonesia makin tangguh.

Ternyata langkah Shin Tae-yong pun sudah membuahkan hasil karena Timnas Indonesia bisa semakin berkembang.

Shin Tae-yong telah berhasil meloloskan Timnas Indonesia di 3 level usia, yakni senior, U-23, dan U-20 lolos ke Piala Asia. Selain itu, ranking Timnas Indonesia juga bisa semakin meningkat berkat hasil manis yang kerap diraih. Kini, Timnas Indonesia diketahui menduduki urutan ke-146 di ranking FIFA.

Terdapat ada 6 pemain yang resmi dinaturalisasi di era Shin Tae-yong . Salah satu pemain itu bahkan bermain di Liga Inggris!

Lalu, siapa saja pemain keturunan yang sudah berhasil dinaturalisasi? Berikut 6 pemain yang resmi dinaturalisasi di era Shin Tae-yong.

6. Jordi Amat

Salah satu pemain yang resmi dinaturalisasi di era Shin Tae-yong adalah Jordi Amat. Dia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai mengucap sumpah janji setia dan kewarganegaraan pada Kamis 17 November 2023.

Jordi Amat sendiri telah memiliki segudang pengalaman di dunia sepakbola. Dia pernah mencicipi atmosfer Liga Inggris hingga Liga Spanyol. Di Liga Inggris, Jordi Amat pernah membela Swansea City.

Sementara di Liga Spanyol, Jordi Amat bermain di liga utama Negeri Matador -julukan Spanyol- kala membela Real Betis, Espanyol, hingga Rayo Vallecano. Bek kelahiran Canet de Mar, Spanyol, 21 Maret 1992 itu juga pernah mendapat kesempatan membela Timnas Spanyol kelompok usia, yakni U-19, U-20, dan U-21.

Tak ayal, kehadirannya diharapkan bisa membuat skuad Garuda makin tangguh. Kini, Jordi Amat pun sudah jadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior. Dia tercatat sudah mentas di 10 laga dan berhasil mencatatkan 1 gol.

5. Sandy Walsh

Kemudian, ada Sandy Walsh. Pemain berdarah Indonesia-Belanda ini resmi dinaturalisasi dalam waktu yang sama dengan Jordi Amat. Sebab, keduanya mengucap sumpah WNI berbarengan.

Sandy Walsh juga punya karier yang tak kalah apik dari Jordi Amat. Sebab, pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, itu pernah membela sejumlah klub di Eropa, di antaranya ada Genk hingga KV Mechelen yang masih dibelanya sampai saat ini.

Sandy Walsh pun pernah dipanggil membela Timnas Belanda di kelompok usia, yakni U-15, U-16, U-17, U-18, dan U-19. Tetapi kini, bek berusia 28 tahun itu telah resmi membela Timnas Indonesia. Dia sudah mencatatkan 4 caps sejauh ini.

4. Shayne Pattynama

Di urutan keempat, ada Shayne Pattynama. Pemain yang satu ini memiliki darah Indonesia dari ayahnya. Ayah Shayne diketahui lahir di Semarang, tetapi berasal dari Maluku.

Shayne Pattynama pun resmi jadi WNI pada 24 Januari 2023. Kini, bek berusia 25 tahun itu pun sudah mencatatkan 5 caps di Timnas Indonesia.

Bukan hanya cakap menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia, Shayne Pattynama juga kerap membantu lini serang Timnas Indonesia. Dia bahkan sudah membukukan 1 gol yang dicetak kala melawan Timnas Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

3. Rafael Struick

Kemudian, ada Rafael Struick. Striker muda berdarah Belanda-Indonesia ini resmi jadi WNI pada 22 Mei 2023.

Rafael Struick awalnya dilirik Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Sebab, Indonesia kala itu ditunjuk jadi tuan rumah sehingga dipastikan bakal ambil bagian di Piala Dunia U-20 2023. Sayangnya, turnamen itu akhirnya batal digelar di Tanah Air dan Timnas Indonesia U-20 pun gagal tampil.

Tetapi, Rafael Struick tetap setia menjatuhkan hatinya untuk menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia. Dia kini jadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia baik kelompok usia ataupun senior.

Di Timnas Indonesia U-23, Struick sudah membukukan 1 gol dari 2 penampilannya. Sementara itu, di Timnas Indonesia senior, pemain yang membela klub Belanda, yakni ADO Den Haag, itu sudah mentas di 4 laga.

2. Ivar Jenner

Lalu, ada Ivar Jenner. Sama seperti Rafael Struick, dia resmi dinaturalisasi pada 22 Mei 2023. Ivar Jenner juga awalnya diplot untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Tetapi, tekadnya membela Timnas Indonesia tak meluntur meski gagal mentas di Piala Dunia U-20 2023. Gelandang berusia 19 tahun itu pun terus menunjukkan kualitas apiknya dalam mengolah si kulit bundar tiap kali dimainkan Shin Tae-yong.

Sejauh ini, Ivar Jenner sudah membukukan 1 gol dari 2 penampilannya di Timnas Indonesia U-23. Pemain yang membela klub Belanda, FC Utrecht, itu juga kerap dimainkan di Timnas Indonesia senior sehingga kini sudah mencatatkan 2 caps.

1. Justin Hubner

Terakhir, ada Justin Hubner. Dia tengah dapat sorotan besar dari publik Tanah Air karena baru saja resmi menjadi WNI. Justin Hubner mengucap sah mengambil sumpah WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta pada Rabu (6/12/2023) pagi WIB.

Justin Hubner sendiri punya karier mentereng, meski usianya masih muda. Bek berusia 20 tahun itu diketahui membela klub yang merumput di Liga Inggris, yakni Wolverhampton Wanderers, saat ini.

Hubner pun mulai dilirik untuk membela tim utama Wolves. Terbukti, dia turut diboyong ke skuad Wolves senior saat melawan Arsenal di Liga Inggris 2023-2024 pada akhir pekan lalu. Sayangnya, Hubner belum mendapat waktu bermain karena masih duduk di bangku cadangan saja.

Tetapi, kiprah manis tetap ditunjukkan kala Hubner membela Wolves U-21. Sejauh ini, dia bahkan sudah membukukan 3 gol dan 2 assist. Tak ayal, menarik menantikan kiprah Justin Hubner kala membela Timnas Indonesia.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut