get app
inews
Aa Read Next : Ayah dan Anak Tenggelam di Danau Diselamatkan Pria Muslim, Viral !

Fantastis! Air Mancur Baru Senilai Rp30 Miliar Tuai Kritik, Netizen: Seperti Buatan Anak 5 Tahun!

Senin, 27 November 2023 | 11:14 WIB
header img
Air mancur senilai Rp30 miliar di Austria tuai kritik karena dianggap tak estetis dan pemborosan (Foto: KOER.or.at)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Dianggap jelek dan biaya pembangunannya terlalu fantastis sehingga terkesan pemborosan, sebuah air mancur baru di ibu kota Austria, Wina menuai kritik.

Air mancur dirancang oleh kelompok seni avantgarde dengan tema 'We Water' atau 'WirWasser' yang melambangkan tanggung jawab bersama terhadap air. Dilansir Oddity Central, air mancur ini dibangun untuk memperingati 150 tahun sistem air modern di Wina. 

Barrons melaporkan bahwa, air terjun ini dikelilingi oleh 33 patung humanoid yang duduk melingkar dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Air mancur senilai 1,8 juta euro atau sekitar Rp30,6 miliar ini diresmikan Presiden Alexander Van der Bellen dan Wali Kota Michael Ludwig pada 24 Oktober 2023.

Meski para pejabat memuji desain air mancur yang 'luar biasa dan terinspirasi dari kenyataan' karena dengan terampil menyampaikan 'rasa kebersamaan', namun tetap saja keberadaan air mancur itu banjir kritik pedas.

Para kritikus yang mempermasalahkan sifat artistiknya lantas melampiaskan kemarahannya via online. Postingan akun Culture Critic di X, mengecam desain air mancur dan biaya besar yang ditanggung pembayar pajak telah dilihat lebih dari 7,6 juta kali.

“Air mancur baru itu terlihat seperti buatan anak berusia 5 tahun,” tulis seseorang.

"Hari yang menyedihkan bagi Wina. Banyak seniman sejati yang bisa melakukan lebih baik dengan biaya lebih sedikit. Di mana romansa, warisan, semangat, sejarahnya?” timpal pengguna lain.

“Apakah mereka memberikan penghargaan kepada kelas seni kelas 1 untuk desainya?,” komentar yang lain.

Sekadar informasi, sistem air modern ini dibangun di bawah Kekaisaran Austro-Hungaria pada tahun 1873 untuk menyediakan air bersih bagi kota tersebut untuk mengatasi penyakit seperti kolera.

Sistem air modern di Wina terkenal dengan air murni yang mengalir dari sungai hutan hijau Pegunungan Alpen.

Oddity Central melaporkan bahwa, Wali Kota Wina yang juga Politisi Partai Sosial Demokrat, Michael Ludwig menegaskan bahwa desain air mancur artistik tersebut terinspirasi dari kenyataan untuk menyampaikan pentingnya kebersamaan.

Para pejabat dituduh menghabiskan terlalu banyak dana (1,8 juta euro), namun mereka mengatakan bahwa sebenarnya telah menurunkan harga dari 2,1juta euro.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut