get app
inews
Aa Read Next : Ini Tanggapan Jokowi Perihal Petisi UGM dan UII

Peneliti UGM Sebut Berkat Nyamuk Wolbachia Ada Perubahan Secara Signifikan atas Penurunan Kasus DBD

Sabtu, 25 November 2023 | 06:45 WIB
header img
Nyamuk wolbachia efektif menekan penyakit DBD (Foto: Freepik)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Berkat nyamuk Wolbachia, Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) melihat perubahan secara signifikan Atas Penurunan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Yogyakarta merupakan kota pertama di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi nyamuk wolbachia dalam pengendalian demam berdarah atau DBD,"ungkap Pengajar dan peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Adi Utarini dalam webinar bertajuk ”Mengatasi DBD dengan Wolbachia”, Jumat (24/11/2023).

Menurut Adi Utarini,  setelah nyamuk aedes aegypti wolbachia dilepas di Yogyakarta ternyata memberikan hasil yang signifikan. Kejadian dengue lebih rendah 77%."Angka rawat inap turun 86 persen, hasil terbaru fogging bisa berkurang sebesar 83 persen," paparnya.

Adi Utarini melanjutkan, dari hasil tersebut pihaknya membandingkan dengan kecenderungan kejadian dengue di kota Yogyakarta pada 30 tahun sebelumnya. Dan ia melihat kejadian dengue saat ini angkanya terendah dari masa 30 tahun lalu.

"Bukti ini menguatkan penelitian di Yogyakarta dan hasil ini menjadi rekomendasi di WHO in Vector Control Advisory Group (VCAG) dengan rekomendasi who dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia ini juga menyampaikan rekomendasinya ke Kemenkes sehingga secara keseluruhan baik tahapan penelitian maupun implementasi," jelasnya.

Sementara Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan setelah melihat hasil dari penelitian itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengaku bangga dengan penelitian yang dilakukan oleh anak bangsa itu. Pihaknya pun melakukan implementasi di lima kota, yakni Kupang, Semarang, Bontang, Bandung dan Jakarta Barat untuk proses pelepasan nyamuk aedes aegypti wolbachia.

"Dari lima kota ini tentu kita perlu melakukan evaluasi di lapangan seperti apa, kami juga sudah mengeluarkan buku peodman terkait gimana penanggulaan DBD melalui nyamuk swolbacia, kita evaluasi terus, soal teknis. program ini sangat baik dan akan dilanjutkan. kalau lima kota ini berhasil akan kita lakukan secara nasional," katanya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut