get app
inews
Aa Read Next : Koh Steven Islamkan 300 Pekerja Tiongkok di Arab Saudi, Kisahnya Menarik !

Jemaah Umroh Ditahan Tentara Saudi Gegara Pakai Kafiyeh dan Berdoa untuk Jalur Gaza

Minggu, 19 November 2023 | 13:56 WIB
header img
Arab Saudi tahan jemaah umroh yang memakai kafiyeh Palestina dan berdoa untuk Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Jemaah yang menunjukkan solidaritasnya untuk Jalur Gaza dan berdoa untuk Palestina di tempat-tempat suci di Makkah dan Madinah ditahan Arab Saudi.

Seperti seorang aktor dan presenter asal Inggris Islah Abdur-Rahman yang sedang menunaikan ibadah haji bersama keluarganya di Makkah mengaku ditahan tentara karena mengenakan kaffiyeh Palestina.

Dia memutuskan untuk pergi menunaikan ibadah Umroh pada akhir bulan Oktober, dan telah menyuarakan keprihatinan atas tindakan keras terhadap simbol atau bentuk solidaritas untuk Palestina di Arab Saudi.

Menurut pengakuan Islah Abdur-Rahman,dia dihentikan oleh empat tentara karena mengenakan keffiyeh putih di kepala dan tasbih berwarna Palestina di pergelangan tangannya.

“Saya diantar ke lokasi di luar lokasi di mana mereka menahan orang-orang karena kemungkinan melakukan kejahatan atau pelanggaran. Begitu saya ditahan, ada tentara lain yang menginterogasi saya dan bertanya tentang kewarganegaraan saya, mengapa saya di sini, dari mana saya bepergian, berapa lama saya di sini,” tuturnya seperti dikutip dari Middle East Eye, Sabtu (18/11/2023).

Para prajurit kemudian meminta Abdur-Rahman untuk meniru cara dia mengenakan keffiyeh, sementara mereka mendiskusikannya dan mengambil visanya.

“Jelas bahwa syal adalah masalahnya,” katanya. “Mereka berbicara dalam bahasa Arab tapi mereka terus mengucapkan 'keffiyeh Palestina' dan melihat syalnya," ungkapnya.

“Akhirnya, ketika saya dilepas, seorang pekerja mendatangi saya, mengambil syal saya dan berkata, ‘Ini tidak bagus, Israel-Palestina tidak bagus, jadi jangan dipakai, tidak boleh,'” ujarnya.

Abdur-Rahman kemudian disuruh menandatangani formulir pelepasan dan memberikan sidik jarinya, setelah menyerahkan keffiyeh.

Tempat terakhir yang diharapkan Abdur-Rahman adalah pusat penahanan, yang seharusnya merupakan tempat ziarah spiritual keagamaan. Pengalaman itu benar-benar mengejutkan.

"Awalnya saya sangat takut, karena saya berada di negara yang bukan milik saya, saya tidak punya hak dan mereka bisa melakukan apa saja terhadap saya dan saya tidak bisa bersuara, jadi saya takut,” jelasnya.

"Kemudian, ketakutan saya berubah menjadi patah hati… patah hati tersebut semakin parah ketika saya menyadari bahwa ini hanyalah satu ons dari apa yang harus dilalui oleh orang-orang Palestina,” ucapnya.

Abdur-Rahman menggambarkan pengalaman tersebut sebagai sesuatu yang “menyedihkan”, terutama yang terjadi di tempat ibadah, dan selama pemboman Israel yang tiada henti di Gaza, yang sejak 7 Oktober telah menewaskan lebih dari 11.000 warga Palestina, termasuk lebih dari 4.000 anak-anak.

“Hal ini menyadarkan saya betapa warga Palestina di Gaza dan di negara mereka harus merasakan perlakuan dari pemerintah Israel, dan pelecehan yang mereka terima hanya karena menjadi orang Palestina. Hal ini justru memperluas empati saya lebih jauh dari sebelumnya,” katanya.

Abdur-Rahman memutuskan untuk berbagi pengalamannya di Instagram, dengan mengatakan bahwa dia tidak ingin memberikan kesan yang salah tentang Makkah, yang merupakan tempat yang indah, namun dia ingin menjelaskan bagaimana orang-orang Palestina “tidak memiliki suara”.

Sejak berbagi pengalamannya, dia mengatakan bahwa dia telah menerima pesan kebencian secara online dari Arab Saudi, yang membela apa yang terjadi dan mengatakan bahwa tidak diperbolehkan mengibarkan bendera atau simbol di tempat ibadah.

“Ada pemahaman universal umat Islam bahwa ini bukanlah negara sembarangan dan bahwa Al-Aqsa di Palestina adalah salah satu situs paling suci dalam Islam… jadi saya pikir itu akan baik-baik saja. Saya juga mendapat cerita dari orang-orang yang pernah mengalami apa yang saya alami dan mereka mendapat masalah,” ungkapnya.

Kisah Abdur-Rahman serupa dengan kesaksian lain yang dibagikan secara online.

Dalam salah satu video yang dibagikan di media sosial pada 10 November, seorang pria Aljazair yang sedang menunaikan ibadah haji di Arab Saudi menggambarkan penangkapannya oleh otoritas Saudi karena bersimpati dengan warga Palestina dan mendoakan mereka.

“Saya ditahan selama lebih dari enam jam karena berdoa bagi saudara-saudara kita di Palestina,” katanya dalam video tersebut.

“Saya membagikan ini bukan sekedar untuk kepentingan semata, saya ingin memperingatkan masyarakat di mana pun, terutama mereka yang datang ke tempat suci di Makkah dan Madinah. Saya tidak berbicara tentang politik atau rezim," sambungnya.

“Di Madinah, saya melakukan salat dan mengambil kesempatan ini untuk mendoakan anak-anak dan korban di Palestina… apakah mendoakan orang yang tertindas merupakan kejahatan? Saya tidak tahu bahwa hal ini dilarang di tempat suci.

“Saya bahkan belum menyelesaikan doa saya sebelum tentara datang dan mengambil telepon saya dan mereka memaksa saya menghapus video di mana saya berdoa untuk orang-orang di Gaza.”

Pria tersebut mengatakan bahwa dia dibawa ke kantor polisi yang berbeda dan dia mencoba menjelaskan bahwa dia hanya berdoa, dan dia menghapus video tersebut segera setelah diminta.

“Saya punya tekanan darah tinggi dan saya penderita diabetes, tapi ditahan selama enam jam. Saya diperlakukan seperti penjahat dan diberitahu bahwa saya ditahan karena ‘bersimpati dan berdoa untuk Palestina’ dan sidik jari saya diambil,” katanya.

Dia mengakhiri videonya dengan memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati ketika mengunjungi tempat-tempat suci, dan dia diberitahu bahwa dia beruntung telah dibebaskan, dan bahwa dia telah mendengar bahwa orang lain ditahan lebih lama. Dia juga mencatat bahwa seorang wanita Indonesia, yang mengenakan jilbab berbendera Palestina, juga ditahan.

Syekh terkemuka juga mengisyaratkan bahwa masyarakat tidak boleh membuat komentar atau isyarat eksplisit mengenai perang.

Pada 10 November, kepala urusan agama Arab Saudi di Masjidil Haram, Abdul Rahman al-Sudais, menyarankan agar masyarakat tidak ikut campur atau terlibat dalam apa yang terjadi di Gaza.

"Anda melihat apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di Palestina, apa lagi yang harus kita lakukan terhadap mereka, selain mendoakan mereka,” ujarnya.

“Umat Islam tidak boleh menyerah pada provokasi ini dan membiarkan peristiwa tersebut memecah belah mereka. Mereka harus kembali kepada wali dan penguasanya, ulama-ulamanya, dan tidak melakukan apa yang tidak berhak mereka lakukan.”

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut