get app
inews
Aa Read Next : Pembalap Asal Karawang Raih Predikat Pembalap Cilik Terbaik di Ajang FIM MiniGP

Sirkuit Mandalika Miliki 5 Kelebihan Ketimbang Sirkuit Buriram Thailand, Apa Saja?

Kamis, 26 Oktober 2023 | 12:41 WIB
header img
Sirkuit Mandalika memiliki beberapa keunggulan (Foto: MotoGP)

JAKARTA - iNewsKarawang.id
Diketahui 5 kelebihan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Buriram Thailand

Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu sejauh ini telah menggelar ajang balapan MotoGP sebanyak dua kali yakni pada 2022 dan 2023.

Sedangkan Sirkuit Buriram Thailand, terpilih jadi tuan rumah gelaran MotoGP sejak 2018. Tahun ini, di Sirkuit Buriram akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP Thailand 2023 yang digelar pada 27-29 Oktober 2023 mendatang.

Kendati terbilang masih baru, Sirkuit Mandalika sedikitnya memiliki 5 kelebihan ketimbang Sirkuit Buriram. Lantas, apa sajakah kelebihannya?

Berikut 5 Kelebihan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Buriram Thailand:

5. Aspal Tidak Mudah Tergelincir saat Kondisi Hujan

Sirkuit Mandalika diketahui menggunakan teknologi aspal yang canggih bernama Stone Mastic Asphalt (SMA). Dengan menggunakan Stone Mastic Asphalt, risiko kecelakaan di Sirkuit Mandalika menjadi lebih berkurang karena memiliki antilicin saat hujan.

Jenis aspal ini sendiri sebelumnya baru digunakan di tiga sirkuit yakni di Silverstone (Inggris), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Phillip Island (Australia). Sebab demikian, aspal di Sirkuit Mandalika dipastikan berbeda dengan Sirkuit Buriram.

4. Lebih Banyak Tikungan

Sirkuit Mandalika sendiri mempunyai panjang 4,3 km dengan total 17 tikungan. Di antaranya, 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan. Sedangkan Sirkuit Buriram hanya memiliki 12 tikungan. Artinya, Sirkuit Mandalika memiliki lebih banyak tikungan ketimbang Sirkuit Buriram.

Menariknya, Valentino Rossi pernah menyebut Sirkuit Buriram kurang menarik dan membosankan karena banyak trek lurus ketimbang tikungan. "Sirkuit Buriram sangat membosankan, di sana hampir tak ada tikungan dan hanya ada trek lurus panjang," kata Valentino Rossi, sebagaimana dikutip dari Marca.

3. Trek Lebih Menantang

Sebaliknya, Sirkuit Mandalika dinilai memiliki trek yang menantang dan tidak membosankan. Sejumlah tikungan dinilai menghadirkan tantangan lebih. Hal itu pun turut diakui oleh Marc Marquez dalam sebuah wawancara saat berada di Sirkuit Mandalika.

"(Bagian paling menantang) tikungan 5, 6, dan 7. Ini adalah belokan ke kanan sebanyak tiga kali. Sangat cepat dan kecepatan motor juga meningkat terus dan itu bagi saya sangat sulit," kata Marc Marquez, mengutip dari laman resmi Repsol Honda.

2. Memasukkan Aksen Lokal dan Konsep Street Circuit

Sirkuit Mandalika memasukkan sejumlah aksen lokal Nusantara di permukaan jalur. Salah satunya ada corak Subahnale di lintasan yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok. Pola ini ada di area run-off atau aspal luar dari pojok ke-15 dan 16 dari Sirkuit Mandalika.

Kelebihan lainnya juga terdapat pada konsep Sirkuit Mandalika yang mengusung street circuit. Jika tidak ada balapan, sirkuit ini dapat difungsikan untuk hal lain termasuk tempat berlibur. Konsep ini berbeda dengan Sirkuit Buriram.

1. Pemandangan Alam yang Indah dengan Panorama Perbukitan Dikelilingi Laut

Sirkuit Mandalika memiliki pemandangan alam yang begitu indah dengan panorama perbukitan yang dikelilingi laut. Tempatnya yang berada di kawasan ekonomi khusus memiliki pemandangan pantai yang indah dan membuat sirkuit tersebut juga bisa dijadikan tempat liburan.

Di sekitarnya terdapat beberapa pantai yang eksotis dan cocok untuk berwisata. Hal ini jadi perbedaan mencolok dengan Sirkuit Buriram yang tak berada di dekat pantai hingga pegunungan. Lantas, apakah warga Thailand iri melihat ini?

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut