get app
inews
Aa Read Next : Gegara Minum Kopi Produk Israel saat Live IG, Agnez Mo Disorot Netizen

Imbas Konflik Israel-Palestina Produk Israel Diboikot Dunia, Ini Daftarnya

Kamis, 26 Oktober 2023 | 11:59 WIB
header img
Produk Israel Diboikot Dunia. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - iNewsKarawang. id 
Imbas konflik yang terjadi pada Israel dan Palestina telah memicu reaksi global. 

Berakibat sebagian produk makanan dan barang berasal dari Israel yang ada di Indonesia menjadi sasaran dari boikot internasional.

Diketahui gerakan itu dikenal dengan singkatan BDS, yakni kepanjangan dari Boikot, Divestasi, dan Sanksi.

BDS melalui laman resminya menyerukan kepada masyarakat global untuk memboikot perusahaan-perusahaan Israel dan perusahaan internasional yang terlibat dalam pelanggaran hak-hak Palestina. Gerakan ini telah mendapatkan dukungan yang kuat dari berbagai negara.

Berikut ini redaksi rangkum beberapa produk makanan dan barang Israel yang mendapat sorotan dalam gerakan boikot internasional dan beberapa di antaranya sangat terkenal di Indonesia.

1. AXA

Perusahaan asuransi terkemuka ini, yang juga bekerja sama dengan bank BUMN Indonesia, mendapat perhatian karena investasi mereka di bank-bank Israel yang digunakan untuk membiayai tindakan pencurian tanah dan sumber daya alam di tanah Palestina.

2. Puma

Perusahaan pakaian dan alat olahraga terkenal ini, dengan berbagai gerakan yang tersebar di Indonesia, menjadi sasaran boikot karena dukungannya terhadap Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA).

3. Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran asal Israel, yang dianggap berasal dari tanah Palestina, telah memicu kecaman. Produk makanan asal Israel seringkali memiliki label "Produksi Israel," termasuk jeruk shantang yang telah populer di Indonesia sejak tahun 2012.

4. Sodastream

Produk dari Sodastream juga terkena dampak gerakan boikot ini karena keterlibatan perusahaan dalam penganiayaan dan diskriminasi terhadap pekerja Palestina.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut