get app
inews
Aa Read Next : Jokowi akan Menyiapkan Masuknya Program Prabowo-Gibran ke RKP dan RAPBN

Tersiar Kabar, Rabu Wage Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet, Siapa Saja?

Selasa, 24 Oktober 2023 | 18:35 WIB
header img
Presiden Jokowi Besok Lakukan Reshuffle Kabinet/ Okezone

JAKARTA - iNewsKarawang.id
Tersiar kabar perombakan atau reshuffle kabinet rencananya dijadwalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Rabu 25 Oktober 2023 di Istana Negara.

Diketahui Kepala Negara mencari hari baik saat menyampaikan pengumuman penting di kabinet dan hampir selalu bertepatan pada Hari Rabu, merujuk kalender Jawa, Rabu, 25 Oktober 2023 bertepatan dengan weton Wage. Terlebih hari Rabu  memiliki arti tersendiri bagi Presiden Jokowi.

Kordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya pada Selasa (24/10/2023) mengatakan, besok memang direncanakan ada pelantikan pejabat di Istana Negara.

Namun terkait posisi yang akan di-reshuffle, Ari belum mau membeberkan secara detil. "Mengenai siapa yang dilantik dan dalam posisi apa, nanti saya akan update lagi," tutup Ari.

Informasi yang dihimpun Okezone, sejumlah tokoh dikabarkan akan masuk ke Kabinet Indonesia Maju. Seperti Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah.

Selanjutnya ada Wakil Ketua Umum Golkar Bidang Penggalangan Pemilih dan Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu Golkar, Ridwan Kamil, Ketua Bidang perempuan DPP Partai Golkar Airin Rachmi Diany dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Namun nama pertama dan terakhir AHY dan Dudung berpeluang besar masuk Kabinet Jokowi. Dudung akan menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan.

Sementara AHY akan menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang tersandung korupsi di Kementan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dirinya akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada minggu ini. "Mungkin minggu ini," kata Jokowi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Namun terkait tanggal dan hari, Presiden Jokowi menyebut bahwa segala hal terkait reshuffle kabinet sedang dipersiapkan. "Baru disiapkan," singkat Jokowi.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengaku telah mendapat kabar terkait pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (25/1/2023).

Meutya pun mengaku, calon pengganti Dudung yakni Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto. Hanya saja, ia meminta agar kepastian pengganti Dudung menunggu saat pelantikan di Istana Merdeka Jakarta.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut