get app
inews
Aa Read Next : Pjs Bupati Karawang Kunjungi Gudang KPU, Pastikan Kelancaran Penyaluran Logistik Pilkada

Wow Tahu Bulat Asal Indonesia Mendunia, Ini Asal-usul Tahu Bulat !

Minggu, 13 Agustus 2023 | 13:02 WIB
header img
Tahu Bulat (Foto: Wikipedia)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Salah satu akun di Twitter @orangbiasamales membagikan video penjual tahu bulat ada di Jepang, sehingga jajanan kaki lima tahu bulat tengah jadi perbincangan di media sosial. 

Di video tersebut memperlihatkan mobil pick up berwarna putih berkeliling komplek dengan suara speaker yang khas. Di mobil itu juga terdapat peralatan seperti mesin layaknya mobil penjual tahu bulat.

Keterangan video itu dikutip pada Jumat (11/8/2023) menyebut tahu bulat sudah tersedia di Jepang. 

Pria yang merekam video itu tak kuasa menahan tawanya ketika mendengar suara penjual tahu bulat di speaker. Suara penjual tahu bulat itu mengingatkannya seperti di Indonesia.

Dari video itu, terbukti bahwa tahu bulat sudah go internasional. Nah untuk itu, kamu perlu tahu nih asal usul tahu bulat.

Dilansir dari berbagai sumber, tahu bulat merupakan jajanan kali lima yang jadi favorit banyak orang. Seperti namanya, tahu ini memiliki bentuk bulat dan isian kopong.

Bisanya tahu bulat dijajakan berkeliling menggunakan mobil bak terbuka dan dijual dengan harga Rp500.

“Tahu bulat digoreng dadakan, lima ratusan,” begitulah suara speaker dari mobil bak terbuka yang berkeliling menjual tahu bulat.

Namun ada beberapa versi lain tentang asal usul tahu bulat. Ternyata camilan cita rasa gurih ini berasal dari komoditas petani salak di Kecamatan Cineam dan Karangjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Para petani itu memilih banting setir jadi penjual tahu bulat karena kualitas salak yang dihasilkan di dua kecamatan itu tidak sebagus di tempat lain. Industri tahu bulat di daerah itu dikelola sistem kelompok.

Dari situ, tahu bulat dijadikan inspirasi untuk game online yang populer pada 2016. Banyak masyarakat yang mengunduh game tersebut.

Akhirnya tahu bulat makin dikenal masyarakat tak hanya di Tasikmalaya tapi juga berbagai daerah di Indonesia. Hingga kini tahu bulat tinggi peminat, bahkan sampai dijual di Jepang. Keren yah?

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut