get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

BIkin Shin Tae-yong Pusing, Pemain Andalan Timnas Indonesia U-23 yang Resmi Absen di Piala AFF U- 23

Selasa, 18 Juli 2023 | 10:08 WIB
header img
Berikut 5 pemain Timnas Indonesia U-23 yang resmi absen di Piala AFF U-23 2023. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

JAKARTTA, iNewskarawang.id - Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Chonburi, Thailand pada 17-26 Agustus 2023 mendatang. 

Tetkait hal itu Timnas Indonesia U-23 sendiri tergabung di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Kemudian hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Sayangnya, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tidak bisa memanggil pemain-pemain terbaiknya.

Dikabarkan sejumlah pemain absen takkan bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23, mengingat Piala AFF U-23 bukanlah agenda resmi FIFA. 

Ditambah lagi ketika Timnas Indonesia U-23 bermain, pemain-pemain ini sedang membela klub masing-masing di luar negeri. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain andalan Timnas Indonesia U-23 yang resmi absen di Piala AFF U-23 2023:

1. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)

Marselino Ferdinan tengah menarik perhatian setelah mencetak dua gol saat sang klub, KMSK Deinze, tumbang 2-5 dari FC Groningen di laga uji coba. Bahkan Media Malaysia Semuanya Bola melemparkan pujian kepada gelandang 18 tahun tersebut.

Ketimbang nama-nama lain, ketiadaan Marselino Ferdinan mungkin yang paling terasa bagi Timnas Indonesia U-23. Sebab, belum ada personel U-23 yang memiliki kualitas layaknya eks gelandang Persebaya Surabaya ini.

Kepergian Marselino Ferdinan dapat digantikan Beckham Putra. Harapannya, Beckham Putra dapat tampil prima mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Marselino Ferdinan.

2. Rafael Struick (ADO Den Haag)

Sama seperti Ivar Jenner, Rafael Struick juga sedang berjuang menembus skuad utama timnya. Dalam tiga laga uji coba pramusim yang dijalani ADO Den Haag, Rafael Struick selalu dimainkan sebagai starter.

Perkembangan Rafael Struick bersama ADO Den Haag sangat dipantau Shin Tae-yong yang membutuhkan mesin gol di lini depan. Ketiadaan Rafael Struick dapat diisi Witan Sulaeman atau Fajar Fathur.

3.Ivar Jenner (FC Utrecht)

Ivar Jenner sedang berjuang menembus skuad utama FC Utrecht yang mentas di kasta teratas Liga Belanda. Tanda-tanda Ivar Jenner main di utama pada musim ini sudah terlihat, setelah gelandang 19 tahun ini selalu dimainkan dalam dua laga uji coba FC Utrecht.

Jika pun tidak dipromosikan ke skuad utama, Ivar Jenner dapat mengembangkan potensinya di Jong Utrecht, klub yang mentas di kasta kedua Liga Belanda. Ketiadaan Ivar Jenner di Timnas Indonesia U-23 dapat digantikan Ananda Reihan.

4. Elkan Baggott (Ipwich Town)

Elkan Baggott disebut-sebut bakal dipinjamkan Ipswich Town ke klub lain. Kabarnya, Ipswich Town akan meminjamkan Elkan Baggott ke salah satu klub Liga 1 Jepang, FC Tokyo.

Jika itu benarnya, Elkan Baggott tak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23, mengingat jadwal Piala AFF U-23 2023 bentrok dengan laga lanjutan Liga 1 Jepang 2023. Ketiadaan Elkan Baggott di lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 dapat digantikan Muhammad Ferarri.

5. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Pratama Arhan sedang berjuang menembus skuad utama Tokyo Verdy. Musim ini, fullback 21 tahun tersebut baru dimainkan di ajang Emperors Cup 2023, dan belum pernah merumput di ajang Liga 2 Jepang 2023.

Jika pun Pratama Arhan diizinkan Tokyo Verdy memperkuat Timnas Indonesia U-23 layaknya di SEA Games 2023, eks pemain PSIS Semarang ini kecil peluangnya mendapatkan kontrak anyar. Kontrak Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy berakhir pada 31 Januari 2024. Ketiadaan Pratama Arhan di Timnas Indonesia U-23 dapat digantikan Haykal Alhafiz.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut