get app
inews
Aa Read Next : Ini Cara Ampuh Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Terlihat di Jari Tangan dan Kaki

Selasa, 11 Juli 2023 | 10:34 WIB
header img
Foto Ilustrasi

JAKARTA, iNewskarawang.id -  Semua orang idealnya mengawasi level kolesterol di tubuhnya, dan peka akan tanda-tanda yang memperlihatkan saat kadar kolesterol di tubuh sudah tinggi.

Kesemutan di tangan dan kaki, jadi salah satu tanda kolesterol tinggi yang familiar diketahui orang awam. Sebab, kesemutan ini disebabkan oleh gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu. Kadar kolesterol darah yang tinggi menyebabkan darah mengalir kental, dan ini mengganggu aliran normal darah ke saraf dan menimbulkan kesemutan.

Tapi jangan sampai lengah, ternyata tanda kolesterol Anda tinggi bukan hanya dari kesemutan. Tapi sinyal kolesterol tinggi ini, disebutkan juga bisa ditunjukkan dengan munculnya nyeri pada jari-jari tangan dan kaki. Sebab adanya penumpukan kolesterol di arteri darah tangan dan kaki, diketahui bisa membuat jari tangan dan kaki ini sakit saat disentuh.

Diterangkan oleh Dr. Yermal, ketika seseorang mengalami Hiperkolesterol (kolesterol tinggi) , maka area kulitnya akan memunculkan warna tertentu.

“Kolesterol tinggi akan membuat endapan berwarna kekuningan pada kulit, terutama di sekitar mata dan terkadang di telapak tangan dan bagian belakang kaki bagian bawah,” jelas Dr. Yermal, dikutip  dari Times of India, Kamis (23/2/2023).

"Kondisi ini disebut Xanthelasma untuk yang berada di sekitar mata dan Xanthomas jika deposit kolesterol ada di bagian tubuh lain, contohnya tangan atau kaki. Kolesterol tinggi tidak menyebabkan mati rasa di ujung jari,” lanjutnya.

Tanda seperti ini sudah pasti patut diwaspadai, karena jika berkembang lebih serius akan menjadi mencapai kadar trigliserida hiper. Maka terjadilah pembentukan kumpulan timbunan lemak di dalam tubuh. Hiperkolesterol dan hipertrigliseridemia ini kemudian akan jadi dalang penyebab dari penyakit kardiovaskular dan neurologis pada penderitanya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut