get app
inews
Aa Read Next : Imigrasi Non TPI Karawang Hadirkan Layanan Inovasi MiKa Semprong

Wisatawan WNA Spanyol Selamat Usai Sempat Hilang Terseret Ombak di Pantai Jembatan Panjang Malang

Minggu, 09 Juli 2023 | 21:41 WIB
header img
WN Spanyol selamat usai terseret ombak (Foto: MPI)

MALANG, iNewskarawang.id - Seorang wisatawan warga negara asing (WNA) bernama Ana Brieva Ramirez dinyatakan selamat usai sempat hilang terseret ombak di Pantai Jembatan Panjang Malang. Ana Brieva Ramirez ditemukan selamat pada Minggu pagi (9/7/2023) berjarak kurang lebih 2,5 kilometer dari Pantai Bantol.

Ana diketahui merupakan mahasiswa asing yang tengah menjalani pertukaran mahasiswa dengan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB). Ana berangkat dengan 17 mahasiswa asing dan 12 mahasiswa Indonesia FKUB ke Pantai Jembatan Panjang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Menurut dr Aurick Yudha Nagara, anggota Pengmas Fakultas Kedokteran UB mengaku, Ana berusaha menyelamatkan diri dari ganasnya ombak, dengan tetap menjaga ketenangan dan berpegangan papan yang mengapung agar tidak tenggelam.

"Ana mengaku dirinya selamat setelah berenang ke tepi pantai yang tak berpenghuni dan berusaha untuk bertahan hingga menjelang matahari terbit dengan membuat lubang pasir untuk ditiduri, dan selama semalam dia tidur di pantai tersebut," kata Aurick, dikonfirmasi pada Minggu petang (9/7/2023).

Dia mengatakan sempat melihat lampu senter di pantai. Setelah pagi hari, Ana berusaha mencari pertolongan dengan berjalan kaki mengikuti jalan setapak kecil selama empat sampai lima jam. Akhirnya dia bertemu seorang warga dan dibawa ke posko.

"Kami melanjutkan pemeriksaan dan perawatan saat di Puskesmas Bantur karena dehidrasi sedang dan perawatan luka yang dialami oleh Ana," tegas Aurick.

Saat ini, Ana mendapatkan perawatan intensif di RSUB setelah sebelumnya dirawat di Puskesmas Bantur. Mahasiswa asal Spanyol ini tengah dalam pantauan tim medis dari RS UB. Hingga malam ini operasi SAR terhadap 3 korban lain masih berlangsung dengan menyusur sepanjang garis pantai.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ada total lima orang wisatawan yang hilang terseret ombak. Kejadian ini dilaporkan terjadi pada Sabtu pagi (8/7/2023) sekitar pukul 08.00 WIB.

Awalnya kedua mahasiswa asal Spanyol bernama Anna dan Janna mahasiswa asal Swiss hendak menepi usai melakukan paddle surfing. Namun karena ombak pasang keduanya tertahan di batu karang besar di tengah lautan.

Kemudian tiga orang pemandu wisata dan pemimpin perjalanan berusaha menolong dengan menyusul ke batu tersebut. Tetapi kelimanya justru tersapu ombak besar.

Total hingga Minggu sore teleh ada dua orang wisatawan yang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Kedua orang tersebut yaitu Muhammad Ruspandi alias Pendik sebagai Guide yang ditemukan pada Sabtu 8 Juli 2023, sekitar pukul 17.30 WIB.

Terbaru adalah Ana Brieva Ramirez, Mahasiswi asal Spanyol pada Minggu 9 Juli 2023, pukul 10.45 WIB. Dia ditemukan di perairan Pantai Bantol.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut