get app
inews
Aa Read Next : Mundur Dari ASN Karena Niat Nyalon Bupati, Mantan Sekda Karawang Tidak Terpengaruh Kasus Hukum

Dana Desa Sebesar Rp1 Miliar Dinilai Masih Minim untuk Pembangunan Desa

Senin, 12 Juni 2023 | 18:39 WIB
header img
Dana Desa Sebesar Rp 1 miliar Dinilai Masih Minim Untuk Pembangunan Desa. (Foto: iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Bakal Calon Bupati Karawang, Rahmat Hidayat Djati menilai bantuan anggaran dana desa sebesar Rp 1 miliar setiap desa masih terlalu sedikit untuk pembangunan di desa. Idealnya anggaran dana desa sebesar Rp 5 miliar dari APBN ditambah stimulus dari APBD sebesar Rp 1 miliar untuk setiap desa. Dengan anggaran Rp 6 miliar setiap desa maka tingkat kesejahteraan masyarakat desa akan meningkat.

 

"Anggaran dana desa sebesar Rp 1 miliar sejauh ini belum mencukupi biaya pembangunan di desa. Terlalu banyak masalah pembangunan di desa yang harus segera diselesaikan. Uang sebesar itu belum cukup untuk menyelesaikan pembangunan di desa. Kalaupun pembangunan dilakukan secara bertahap terlalu lama menyelesaikannya. Makanya idealnya setiap desa mendapat dana desa senilai Rp 5 miliar dan stimlus APBD sebesar Rp 1 miliar akan mempercepat pembangunan dan kesejahtreraan masyarakat," kata Rahmat Hidayat Djati ketika bertemu dengan Komunitas Purna Bakti Kepala Desa dan Lurah Seluruh Indonesia (Kompakdesi) Karawang, Senin (12/6/23).

 

Menurut Rahmat Hidayat Djati, masyarakat desa bersama para tokoh setempat harus memperjuangkan agar dana desa terus mengalami peningkatam setiap tahunnya. Kompakdesi sebagai wadah bergabungnya para mantan kepala desa dan lurah harus dapat mempelopori perjuangan warga desa untuk meningkatkan bantuan dana desa.

 

"Setiap tahun kita menghadapi fluktuasi nilai uang karena pengaruh inflasi atau lainnya. Uang sebesar Rp 1 miliar tentu tidak akan sama dengan tahun sebelumnya, makanya harus ada penambahan anggaran dana desa," katanya.

 

Rahmat Hidayat Djati berdirinya Kompakdesi di Karawang sangat positif untuk pembangunan di desa-desa. Karena para mantan kepala desa dan lurah memiliki pengalaman dalam pembangunan desa. Oleh karena itu dia mengapresiasi Kompakdesi terjun langsung membantu masyarakat desa. 

 

"Saya apresiasi para senior yang masih memiliki kepedulian dalam pembangunan desa. Keberadaan mereka harus kita gunakan untuk membangun desa lebih baik lagi," katanya.

 

Menurut Rahmat Hidayat Djati, selain masalah dana desa kebutuhan kedepan setiap desa adalah masalah pemekaran desa atau kelurahan. Pemekaran desa atau keluarahan sangat baik untuk memperpendek rentangkendali pelayanan pemerintah. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan keuangan desa atau keluarahan yang bersumber dari APBN atau APBD. 

 

"Masalah pemekaran desa atau keluarahan itu bisa untuk mengatasi masalah pembangunan di desa. tapi tentunya itu harus melalui kajian yang tepat tidak asal saja," katanya.

 

Sebagai bentuk apresiasi kepada para mantan kepala desa dan lurah yang tergabung dalam Kompakdesi, Rahmat Hidayat Djati memberikan bantuan asuransi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian kepada seluruh anggota Kompakdesi. 

 

Ketua DPC PKB Karawang Rahmat Hidayat Djati saat bertemu dengan anggota Kompakdesi

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut