get app
inews
Aa Read Next : Diancam Guru BK, Siswi Diminta Telanjang Sambil Merekam Tubuhnya, Terpaksa Pasrah Hingga Disetubuhi

Tragis! Antara Tahun 1526 dan 1976 Ratusan Kapal Tenggelam di Segitiga Bermuda

Kamis, 08 Juni 2023 | 21:05 WIB
header img
Segitiga Bermuda. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewskarawang.id - Sebagaimana diketahui Bahama dikenal sebagai surga pantai yang indah dengan cuaca cukup menakjubkan. Tetapi selama berabad-abad, pulau-pulau yang terletak di jantung petak lautan ini sangat ditakuti, karena dikenal sebagai Segitiga Bermuda

 

"Segitiga Bermuda merupakan kuburan bagi kapal yang melintas. Sedikitnya, sudah ada 176 kapal yang tenggelam antara tahun 1526 dan 1976,"ungkap para pelaut. 

 

Menurut mereka, beberapa kapal membawa emas, sementara yang lain memiliki kargo dan mengangkut gula atau tembakau, hingga kapas, dan bahkan budak Afrika. Tetapi sebagian besar kapal itu diketahui milik orang Amerika Serikat

 

Selain dari Amerika Serikat, kapal-kapal itu juga banyak berasal dari Inggris dan Spanyol. Di antara kapal yang hilang berasal dari proyek Bahama Lost Ships, milik perusahaan AS, Allen Exploration bersama peneliti Wreck James Jenney. Enam kapal Bahama yang hilang berhasil diidentifikasi oleh para peneliti, berdasarkan sumber historis, termasuk arsip dan kliping surat kabar lama. 

 

1. Nuestra Senora de Las Maravillas (1656) Kapal Spanyol 900 ton itu tenggelam pada tahun 1656 setelah bertabrakan dengan salah satu kapal dari armadanya dan kemudian menabrak terumbu karang di dekat Bahama. Telah diselamatkan secara luas pada abad-abad sejak itu, tetapi tahun lalu sebuah tim selam menemukan koin emas dan perak, perhiasan dan batu permata yang dibawa di kapal.

 

Juga termasuk dalam penimbunan adalah stoples zaitun Spanyol, porselen China, rigging besi dan pegangan pedang perak milik prajurit Don Martin de Aranda y Gusmán.

 

2. El Dragon & San Antonio (1657)

 

Pada 1657, tiga kapal penyelamatan Spanyol, termasuk El Dragon dan San Antonio berkumpul di bangkai kapal maravillas dan semuanya tersesat dalam badai. Secara total, sepuluh ekspedisi Spanyol mencoba memulihkan harta maravillas hingga 1679.

 

3. Santo Domingo (1668) Santo Domingo adalah kapal penyelundup yang terlibat dalam perdagangan budak Spanyol. Telah muncul di peta Bank Bahama kecil barat sejak akhir abad ke-17 sebagai kecelakaan 'Genovesa'.

 

4. Sans Pareil (1804) Pareil Sans adalah seorang privateer Prancis 16-gun yang tenggelam pada tahun 1804. Itu membawa Jenderal Lavalette dan tentaranya yang mundur setelah melawan mantan budak Toussaint Louverture, yang telah menjadi Gubernur Jenderal Saint-Domingue di Republik Dominika.

 

 5. Celeste (1819) Celeste adalah kehilangan Pulau Grand Bahama pada tahun 1819 setelah ditangkap oleh Patriot Privateer. Itu membawa 170 budak dan hampir pasti menuju Kuba.

 

6. Crescent City (1855) Crescent City adalah kapal uap perusahaan surat Amerika Serikat yang menuju ke New Orleans ketika tenggelam dari Matanilla Reef, pada tahun 1855.

 

Kapal Crescent ini mengangkut 1.800 ton berbagai macam barang dagangan senilai USD100.000, ditambah surat dan penumpang.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut