get app
inews
Aa Read Next : Waduh, Sebentar Lagi Manusia Bisa Tinggal di Bulan! Ini Ungkap NASA

Cadangan Air 297,6 Miliar Ton Tersembunyi di Bulan Ditemukan Ilmuwan China

Jum'at, 02 Juni 2023 | 19:13 WIB
header img
Ilustrasi cadangan air di bulan. Foto: Istimewa

JAKARTA,iNewskarawang.id - Tempat air bersembunyi di bulan berhasil di identifikasi oleh ilmuwan dari China. Temuan ini  terungkap berdasarkan sampel yang dibawa misi Change 5 Rover China.

Banyaknya air yang tersimpan dan tersembunyi di bulan, dilansir dari Tha Space Academy, mencapai 270 triliun kilogram atau sebanyak 297,6 miliar ton.

 "Temuan baru ini didasarkan pada sampel yang dibawa dari misi Change 5 Rover China. Pesawat ruang angkasa itu menghabiskan beberapa minggu mengumpulkan bahan dari permukaan bulan, pada Desember 2020," kata laman itu, dikutip Jumat (6/2023).

Air tersebut tersembunyi dalam manik-manik kaca mikroskopis yang terbentuk sebagai potongan-potongan batu ruang angkasa. Benda-benda itu menguapkan mineral yang mendingin menjadi partikel vitreous hampir beberapa puluh atau ratusan mikrometer.

 "Studi sebelumnya tentang manik-manik yang ditemukan dalam sampel bulan Apollo membantu membatalkan asumsi sebelumnya tentang kekeringan di bulan," sambungnya. Penelitian saat ini menunjukkan proporsi, bahwa air bulan diproduksi dengan sedikit bantuan dari angin matahari, karena ion hidrogen dari pancuran partikel surya ini dengan oksigen yang sudah disimpan di tanah bulan.

Reservoir air yang berpotensi diwakili oleh manik-manik ini berpotensi memainkan peran penting dalam siklus air lunar, karena beberapa air hilang ke luar angkasa, dan dapat diisi ulang oleh toko -toko yang dipegang di kaca dampak amorf.

Dampak manik-manik kaca melestarikan tanda tangan hidrasi dan menampilkan profil kelimpahan air yang konsisten dengan difusi ke dalam air yang diturunkan dari angin matahari," tulis penelitian itu. Setiap manik kaca mampu menampung hingga 2.000 mikrogram (0,002 gram) air untuk setiap gram massa partikel. "Waktu difusi singkat ini menunjukkan, bahwa air yang diturunkan dari angin matahari dapat diakumulasikan dengan cepat dan disimpan dalam manik-manik kaca benturan bulan," sambung para peneliti. Air ini sangat berguna untuk mendukung misi dan pangkalan bulan. Mampu memanfaatkan reservoir air yang luas ini dapat membuat hidup di permukaan bulan untuk waktu yang lama jauh lebih nyaman.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut