get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Kena Sanksi AFC, Imbas Keributan di Final Sepakbola SEA Games 2023

Berikut 7 Kontroversi SEA Games 2023 di Kamboja yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Jum'at, 12 Mei 2023 | 11:23 WIB
header img
Berikut 7 Kontroversi SEA Games 2023 di Kamboja yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ada sebanyak  7 kontroversi SEA Games 2023 di Kamboja yang bikin geleng-geleng kepala akan dibahas pada artikel ini. Kontroversi ini memperlihatkan kebobrokan Kamboja sebagai tuan rumah.

Beberapa kali atlet Indonesia mendapatkan kejadian tidak menyenangkan. Mulai dari kamar bocor, ruang ganti menggunakan kursi plastik bak hajatan, sampai harus mengalah karena menyapu bersih medali. Kejadian ini tentu saja mengundang berbagai komentar dari netizen Indonesia.

Berikut 7 kontroversi SEA Games 2023 di Kamboja yang bikin geleng-geleng kepala:

7. Menambah Cabang Olahraga Khusus

Peraturan SEA Games memperbolehkan tuan rumah menambah cabang olahraga tradisional. Meski demikian ada minimal kuota dalam pertandingan.

Kamboja menambah cabor Kun Bokator dalam SEA Games 2023 pada 5-17 Mei 2023. Cabang olahraga dari Kamboja ini sangat unik dan menarik perhatian.

6. Menggunakan Kursi Plastik di Ruang Ganti Timnas Indonesia

Kamboja sepertinya tidak siap dalam pengadaan fasilitas untuk atlet SEA Games 2023. Sebab mereka menggunakan kursi plastik seperti hajatan di ruang ganti atlet Timnas Indonesia U-22 saat melawan Timor Leste pada, Minggu (07/05/23). Publik sangat menyayangkan fasilitas Kamboja yang terlihat seadanya.

5. Ganda Campuran Bulu Tangkis Indonesia Dilarang Main

Salah satu kontroversi pada SEA Games 2023 saat Kamboja melarang ganda campuran Indonesia untuk bermain. Dalam peraturan tersebut, Kamboja hanya membolehkan negara non-unggulan saja yang berpartisipasi pada ajang bulu tangkis sektor campuran.

4. Peraturan Tidak Memperbolehkan Sapu Bersih Medali

Kontroversi SEA Games 2023 yang bikin geleng-geleng kepala saat Kamboja mengeluarkan peraturan tidak boleh sapu bersih medali. Seperti saat Indonesia menyapu bersih medali cabor balap sepeda nomor Cross Country Olympic (XCO) putra.

Ihza Muhammad yang meraih posisi ketiga harus merelakan medali perunggunya. Medali perunggu Indonesia dialihkan kepada wakil Kamboja, Khim Menglong yang meraih juara keempat.

3. Kamar Atlet Badminton Bocor Saat Hujan

Atlet Indonesia kembali mendapat perlakukan tidak menyenangkan. Kabar tersebut datang dari tim bulu tangkis Indonesia. Kamar penginapan mereka saat SEA Games 2023 bocor saat hujan.

2. Penerangan Menggunakan Lampu Mobil

Kesiapan Kamboja menjadi tuang rumah SEA Games 2023 dipertanyakan. Pasalnya, Kamboja menggunakan penerangan dari lampu mobil saat pengalungan medali cabang olahraga (cabor) atletik lari cepat.

Pada ajang tersebut perwakilan Indonesia, Hendro Yap, meraih medali emas. Sementara, di posisi kedua ada Nguyen Thanh Ngung (Vietnam) dan ketiga Puae Pheyo Htun (Myanmar).

1. Bendera Merah-Putih Terbalik

Kontroversi paling menarik perhatian saat bendera merah-putih Indonesia terbalik pada pre-show opening ceremony SEA Games 2023. Dalam sebuah video yang beredar memperlihatkan seorang penari lokal Kamboja membawa bendera Indonesia dengan warna merah di bawah dan warna putih di atas.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut