get app
inews
Aa Read Next : Mayat Terbungkus Tenda Ditemukan di Lereng Gunung Galunggung, Petugas Lakukan Olah TKP

Antisipasi Kepadatan Arteri Dampak One Way Tol Cipali, Jalan Raya Majalengka Layak Dilalui Pemudik

Rabu, 19 April 2023 | 11:52 WIB
header img
Bupati Majalengka Karna Sobahi memastikan, jalan raya yang ada di Kabupaten Majalengka dalam kondisi baik. Foto: Inin

MAJALENGKA, iNewsKarawang.id - Pemberlakuan one way Tol Cipali yang semula berlangsung hingga Selasa (18/4/2023) malam, akhirnya diperpanjang hingga Rabu (19/4/2023) siang. Perubahan rencana itu seiring dengan tingginya volume lalu lintas di Tol, sejak Selasa kemarin.

Terkait pemberlakuan one way yang meleset dari rencana, diperkirakan akan berimbas terhadap volume lalu lintas di jalan arteri. Bahkan, beberapa jalan raya di sejumlah daerah sudah mulai dibanjiri oleh pemudik dari pulau Jawa bagian Timur.

Menyikapi hal itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi memastikan, jalan raya yang ada di Kabupaten Majalengka dalam kondisi baik. Di Kabupaten Majalengka sendiri, setidaknya ada dua akses dari arah Cirebon menuju Jakarta atau Bandung. 

"Jalur alternatif, ketika mereka tidak lewat Tol, kan akan ambil posisi Cirebon- Sindangwangi- Rajagaluh atau Prapatan (Kecamatan Sumberjaya). Saya melihat dari kondisi jalan, itu cukup baik, bisa dilalui masyarakat dan pemudik, atau nanti arus balik," kata Karna saat monitoring Posko Pengamanan Arus Mudik Hari Raya Iedul Fitri 1444 H, Rabu (19/4/2023).

Selain kondisi jalan, Karna juga memastikan penerangan jalan di jalur yang kemungkinan dilalui pemudik arah Bandung dan Jakarta dalam keadaan memadai.

"Penerangan juga, sudah minta Kadishub, memetakan titik-titik rawan, kecelakaan ataupun tindak kriminal atau sebagainya, kita sudah antisipasi itu. Diharapkan masyarakat tidak mengalami kesulitan. Sehingga, tahun ini tidak ada kendala yang terlampau dikhawatirkan untuk pemudik," beber dia.

Sementara, pemudik yang terdampak One way Cipali dan menggunakan jalur arteri daerah Kabupaten Majalengka, bisa menggunakan dua akses yakni Cirebon-Rajagaluh-Majalengka Kota-Kadipaten-Bandung. Selain itu, pemudik juga bisa memanfaatkan jalur arteri Cirebon-Prapatatan-Jatiwangi-Bandung.

Bagi pemudik yang akan menuju Jakarta, dari Kadipaten bisa mengambil arah ke Indramayu, untuk kemudian masuk Pantura. Selain jalur Indramayu, pemudik dengan tujuan Jakarta pun bisa mengambil jalur Tolengas, Cikamurang, Subang.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut