get app
inews
Aa Read Next : Heboh! Gerombolan Monyet Turun Gunung di Kota Bandung, Ada Apa?

Gunung Api Ile Lewotolo Erupsi, Warga Diminta Jauhi Lokasi hingga 2 KM

Rabu, 22 Maret 2023 | 14:45 WIB
header img
Gunung Ile Lewotolok saat erupsi (foto: PVMBG)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pada hari Rabu ini (23/3/2023), terjadi erupsi Gunung Api Ile Lewotolo yang terletak di bagian utara Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Erupsi tersebut menghasilkan kolom letusan setinggi sekitar 400 meter di atas puncak, dan terjadi pada pukul 05.17 WITA.

Dari postingan akun media sosial Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di @PVMBG_, diketahui bahwa ketinggian letusan mencapai sekitar 1823 meter di atas permukaan laut

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35.5 mm dan durasi 54 detik," ujar PVMBG dalam laman resminya, Rabu (23/3/2023).

Guna menanggulangi efek buruk dari erupsi tersebut, PVMBG mengimbau Masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas gunung tersebut.

"Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran/longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok," lanjut PVMBG.

Ihwal adanya abu vulkanik, PVMBG juga mengimbau masyarakat yang berada di sekitar Gunung tersebut, dapat menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan Iainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik.

PVMBG mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan adanya lahar yang dapat membanjiri aliran sungai di sekitar kawasan gunung tersebut.

"Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Ile Lewotolok agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan," pungkas PVMBG.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut