get app
inews
Aa Read Next : Akibat Jebolnya Tanggul Sungai Cikapundung,Bey Sebut 400 KK dan 857 Jiwa Terdampak Banjir Bandang

Imbas Viral Dirusak Event Motor Trail, Perhutani Tutup Sementara Kawasan Wisata Ranca Upas

Minggu, 12 Maret 2023 | 20:13 WIB
header img
Imbas Viral Dirusak Event Motor Trail, Perhutani Tutup Sementara (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsKarawang.id - Menyusul rusaknya kawasan hutan akibat event motor trail dan kecaman dari para pecinta alam Jawa Barat, akhirnya Kawasan Ranca Upas, Ciwideuy, Kabupaten Bandung ditutup sementara atas kebijakan yang diambil oleh PT Perhutani.

Hal ini karena desakan para pecinta alam Jabar yang tergabung dalam Aliansi Pecinta Alam Jabar itu agar Perhutani melakukan rehabilitasi kawasan Ranca Upas yang rusak akibat event motor trail yang viral beberapa waktu ke belakang.

Perhutani lantas melakukan sejumlah langkah untuk memulihkan kembali kawasan tersebut. Bahkan, pemulihan kerusakan sudah dilakukan sejak Rabu, 8 Maret 2023 lalu.

"Bersama-sama dengan anggota Koperasi Edelwis yang merupakan mitra usaha di lokasi wisata Ranca Upas dan penggiat lingkungan setempat, telah melakukan penanaman kembali tanaman bunga rawa untuk memulihkan ekosistem pasca kerusakan tersebut," kata Kepala Divisi Regional Perhutani Jabar Banten, Asep Dedi Mulyadi dalam keterangannya, Sabtu (11/3/2023).

Kemudian, pihaknya juga bakal mengadakan gerakan rehabilitasi untuk mempercepat proses pemulihan lingkungan. Rencananya, Perhutani akan menggandeng elemen penggiat lingkungan dan stakeholder terkait, termasuk media

Sebagai bentuk keseriusan pemulihan, Perhutani sudah melakukan penutupan kawasan Ranca Upas dari kunjungan wisatawan.

"Penutupan operasional sementara Wana Wisata Ranca Upas dari kunjungan wisatawan terhitung sejak tanggal 8 Maret 2023," jelasnya.

Tak hanya itu, kata Asep, segala kegiatan dalam bentuk trail dan offroad di dalam kawasan hutan dilarang untuk dilaksanakan sebelum adanya perbaikan standar operasional prosedur (SOP) dalam perizinan pelaksanaan event.

"Perhutani juga terbuka bersinergi dengan semua pihak dalam kerangka pentahelix," ucapnya.

Diketahui, ratusan komunitas pecinta alam yang tergabung dalam Aliansi Pecinta Alam Jabar melakukan konsolidasi di markas Mapala Giriraya, Uninus, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung Kamis (9/3/2023) lalu.

Ketua Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jabar, Dedi Kurniawan mengatakan, konsolidasi digelar untuk menyikapi kerusakan alam di Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung yang digunakan event motor trail.

"Teman-teman sekitar seratusan perhimpunan mempunyai rasa yang sama dengan kejadian kemarin ya. Kita kecewa terhadap adanya kerusakan hutan dan kegiatan di luar kehutanan," tegas Dedi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut