get app
inews
Aa Read Next : Khasiat Ayat Seribu Dinar dan Cara Mengamalkannya, Tulisan Arab, Latin, Artinya

Mengapa Masjidil Aqsa Jadi Persinggahan Nabi Muhammad dalam Isra Mi'raj ? Ini Alasannya

Minggu, 12 Februari 2023 | 17:24 WIB
header img
Masjidil Aqsa tempat singgah Nabi Muhammad ketika Isra Mi'raj. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Masjidil Aqsa di Palestina menjadi tempat persinggahan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam perjalanan Isra Mi'raj. Diketahui Isra Mi'raj menjadi peristiwa yang sangat menakjubkan karena hanya bisa terjadi atas kuasa Allah Subhanahu wa Ta'ala. Momen ini berlangsung pada malam selepas Isya.

Dilansir ntb.kemenag.go.id, dijelaskan bahwa supaya tidak muncul keraguan maka poin mendasar yang mesti ditekankan ialah para ulama, sebagaimana diterangkan Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir al-Quran al-Azhim, sepakat atas kebenaran Isra Mi'raj.

Perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan dari bumi ke Sidratul Muntaha terjadi nyata melibatkan ruh sekaligus fisik Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Hal ini dijelaskan dalam ayat pertama Surat Al Isra'.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

"Mahasuci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS Al Isra Ayat 1)

Abu Al Qasim Isma'il bin Muhammad At-Taimi dalam kitab Al Hujjah fi Bayan Al Mahajjah wa Syarh Aqidah Ahli As-Sunnah menjelaskan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dijemput Malaikat Jibril dan Mikail usai Isya. Kemudian Rasulullah melesat menuju Masjidil Aqsa dengan Buraq.

Rute Buraq yang membawa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam adalah dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa untuk singgah. Kemudian Rasulullah melanjutkan perjalanan menuju Sidratul Muntaha. 

Masjidil Haram yang dimaksud dalam Alquran dan sejumlah dalil mengenai Isra Mi'raj yaitu Kakbah di Makkah yang menjadi kiblat kedua umat Islam. Sedangkan Masjidil Aqsa berada di negeri yang sekarang dinamai Palestina sebagai kiblat pertama umat Islam.

Syekh An-Nawawi Al Bantani dalam kitab Marah Labid menjelaskan dipilihnya Masjidil Aqsa sebagai tempat singgah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam karena beberapa alasan. Di antaranya agar Buraq dapat terbang ke langit secara lurus.

Syekh An-Nawawi menyebut satu riwayat menyatakan Masjidil Aqsa berada pada posisi tegak lurus dengan pintu langit. Selain itu, Masjidil Aqsa menjadi tempat para nabi Bani Israil dalam berdakwah seperti Nabi Musa, Nabi Isa, dan nabi-nabi lainnya.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut