get app
inews
Aa Read Next : Breaking News: Pulau Karatung Sulut Diguncang Gempa Besar Berkekuatan M7,0

Turki-Suriah Diguncang Gempa Dahsyat M7,8, Putin Kirim Ucapan Belasungkawa dan Tawarkan Bantuan

Senin, 06 Februari 2023 | 18:38 WIB
header img
Gempa bumi M7,8 mengguncang Turki (Foto: Reuters)

Tak hanya kepada Erdogan, Putin juga mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Assad. Dalam pesan serupa kepada Assad, Putin mengatakan Rusia berbagi kesedihan dan rasa sakit dari mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai dan mengatakan Rusia siap memberikan bantuan.

Rusia mengatakan memiliki dua pesawat Ilyushin-76 dengan penyelamat di dalamnya yang siap terbang ke Turki untuk membantu upaya penyelamatan. Kementerian darurat Rusia mengatakan 100 penyelamat telah disiagakan.

Adapun Kementerian Kesehatan Suriah melaporkan korban tewas sedikitnya 237, dengan sedikitnya 648 orang lainnya terluka akibat bencana tersebut

Seperti diketahui, Rusia mendukung Assad dalam perang saudara Suriah, meluncurkan kampanye militer yang membantu mengubah gelombang perang menjadi menguntungkannya meskipun Barat telah meminta pemimpin Suriah untuk pergi.

Rusia memiliki pangkalan angkatan laut di Tartus, di pantai Suriah, dan mengoperasikan pangkalan udara Khmeimim di utara Tartus. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan fasilitas militernya di Suriah tidak rusak akibat gempa.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut