Logo Network
Network

Bandung Diguncang Gempa M4,0, Dipicu Aktivitas Sesar Garsela

Arie Dwi Satrio/Boby
.
Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:11 WIB
Bandung Diguncang Gempa M4,0, Dipicu Aktivitas Sesar Garsela
Tangkapan layar media sosial

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (28/1/2023) pukul 01.00 WIB dini hari diguncang gempa berkekuatan M4,0.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisis, gempa ini diawali gempa pendahuluan atau foreshock berkekuatan M2,6 dan M3,0.

Sementara, episenter gempa terletak pada koordinat 7.22 LS dan 107.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 5 km. Gempa dangkal yang mengguncang Bandung tersebut dipicu aktivitas sesar Garsela.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui pesan singkatnya, Sabtu (28/1/2023) mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Dia juga mendapat laporan bahwa gempa tersebut dirasakan di sejumlah wilayah, seperti Soreang, Banjaran, hingga Kota Bandung dengan skala intensitas II - III MMI, atau getarannya dirasakan oleh beberapa orang hingga benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," imbuhnya.

BMKG mencatat, terdapat empat kali aktivitas gempa susulan atau aftershock di Kabupaten Bandung pada pukul 01:08, 01:13, 01:17 dan 01:36 dengan magnitude terkecil 2.4 dan magnitude terbesar 3.5. BMKG mengimbau agar warga Bandung tetap waspada.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.