Logo Network
Network

Memasuki Tahun Politik, Wapres Ajak Seluruh Kepala Daerah Kawal Demokrasi yang Sehat dan Aman

Binti Mufarida , Sindonews
.
Selasa, 17 Januari 2023 | 18:21 WIB
Memasuki Tahun Politik, Wapres Ajak Seluruh Kepala Daerah Kawal Demokrasi yang Sehat dan Aman
Wapres Maruf Amin (Foto: Binti M)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Memasuki tahun politik 2023, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak seluruh kepala daerah untuk mengawal demokrasi yang sehat dan aman. Sehingga, tidak ada konflik pada saat kontestasi Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

“Memasuki tahun politik di 2023 ini, mari kita kawal kehidupan demokrasi di setiap daerah yang sehat dan aman,” tegas Wapres dalam sambutannya saat menutup Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 secara virtual, Selasa (17/1/2023).

Wapres di berbagai kesempatan juga terus mengingatkan agar seluruh elemen masyarakat bahkan hingga ulama untuk tidak mudah terprovokasi yang menimbulkan emosi terutama menanggapi isu perbedaan, toleransi, bahkan juga politik.

“Saya mengajak semua masyarakat baiknya kalau ada perbedaan, ditinggalkan saja, tidak perlu memaki-maki,” ujar Wapres.

Menurut Wapres, kegaduhan di Indonesia hanya bersifat temporer saja seperti saat menjelang Pemilu atau Pilpres. “Jadi, kalau memang ada kegaduhan, itu kalau saya melihat itu sifatnya temporary (sementara), ada sesuatu seperti kita mau menjelang pemilihan umum, Pilpres,” katanya.

“Oleh karena itu, saya sering mengatakan bahwa perbedaan pendapat, perbedaan partai, perbedaan capres itu sebaiknya tidak tidak menjadi sumber perpecahan, permusuhan terganggunya toleransi,” katanya.

Wapres menambahkan, di Indonesia juga telah dibentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya konflik dan mengatasi masalah-masalah antar umat beragama.

Oleh sebab itu, dia mengharapkan dalam bidang politik pun seharusnya dapat saling menjaga di tengah perbedaan, sebagaimana dicontohkan FKUB.

“Di bidang politik juga semestinya kita sama. Harusnya bisa menjaga (kerukunan),” pungkasnya

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.