get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Mengatasinya Jika Anda Stres Berkendara saat Mudik

Yuk Kenali Terapi Chiropractic, Begini Penjelasannya

Selasa, 17 Januari 2023 | 17:16 WIB
header img
Terapi chiropractric (Foto: Joneschiro)

SEMARANG, iNewsKarawang.id – Pernahkah Anda mendengar tentang chiropractic? Chiropractric atau kerapkali disebut dengan metode pengobatan kretek-kretek, belakangan ini pengobatan chiropractic digandrungi oleh masyarakat Semarang setelah viral di media sosial.

Pada metode pengobatan chiropractic ini pengobatannya dengan cara menekan seluruh organ tubuh hinggu mengeluarkan bunyi kretek-kretek. Pengobatan ini biasanya dapat menyembuhkan keluhan nyeri punggung, sakit kepala dan saraf kejepit.

"Chiropractic ini pengobatan terapi dari China termasuk pengobatan tradisional untuk menata susunan tulang belakang," kata terapis chiropractic Aryo Wicaksono, Kamis (3/3/2022).

Pria yang berpraktik di kawasan Tembalang, Kota Semarang ini menjelaskan fungsi terapi ini cocok untuk pasien yang mengalami sakit pinggang menahun atau saraf kejepit. Sekaligus membantu meringankan migrain, dislokasi tulang hingga salah posisi tidur.

"Dengan mereposisi tulang, maka struktur tubuh manusia akan kembali normal, sehingga metabolisme tak ada hambatan," kata Aryo.

Hampir seluruh organ tubuh yang bertulang bisa berbunyi kretek ketika ditekan atau ditarik, termasuk dua daun telinga yang berbuyi kretek saat ditarik. Meski demikian, pasien tak kesakitan bahkan sebaliknya merasa lebih nyaman dan lega setelah terdengar bunyi kretek-kretek.

Pasien tak hanya datang dari Kota Semarang, tetapi juga daerah lain, seperti Demak, Batang hingga Pulau Sumatera. Seperti salah pasien, Danang Haryudanto yang mengalami pusing menahun. Ia datang dari Semarang untuk merasakan sensasi kretek-kretrk.

"Agak enakan, yang tadinya ototnya narik sampai kaki sudah lumayan. Lega, habis ditarik itu sudah enakan," kata Danang.

Muhammad Zayin, pasien saraf kejepit juga merasakan hal serupa. "Punggung saya kencang, sampai pundak dan kepala sampai pusing karena kerja saya banyak duduk sekitar 1-2 tahun, tapi terasa sakitnya baru sebulanan," katanya. 

Dia memilih terapi kretek-kretek karena sudah berobat ke tukang pijat tulang. Kali ini ia merasa cocok karena merasa  tulangnya ada yang diperbaiki dan agak tegap.

Terapi chiropractic dilakukan selama 30-45 menit tergantung kondisi pasien. Protokol kesehatan juga dilakukan secara ketat karena semua pasien telah terjadwal sehingga tak terjadi penumpukan antrean di lokasi.

Nah itulah ulasan mengenai terapi chiropractic.

Artikel ini telah tayang di Celebrities.id dengan judul Viral Terapi Kretek-Kretek di Media Sosial, Bisa Sembuhkan Apa Saja?

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut