Logo Network
Network

LSN : Elektabilitas Prabowo Naik di Jawa Timur Bila Disandingkan dengan Khofifah di 2024

Jonathan Simanjuntak , MNC Portal
.
Minggu, 15 Januari 2023 | 12:45 WIB
LSN : Elektabilitas Prabowo Naik di Jawa Timur Bila Disandingkan dengan Khofifah di 2024
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Beredarnya isu yang muncul yang menyandingkan nama Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Timur Khofifah sebagai Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024, Lembaga Survei Nasional (LSN) menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto meningkat di Provinsi Jawa Timur. 

Hasil survey tersebut menyebutkan Prabowo meraih peroleh suara sebesar 42,1 responden di Jawa Timur dan bersaing ketat dengan Ganjar yang memperoleh suara sebesar 41,9 persen. Sementara Anies berada di urutan bawah dengan perolehan suara responden 13,5 persen.

Peneliti LSN, Gema Nusantara Bakry, Sabtu (14/1/2023) menyebut isu bakal majunya pasangan Prabowo/Khofifah yang sempat beredar belum lama ini nampaknya cukup mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jawa Timur.

LSN menyatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang memenangi Jawa Timur akan memenangi Pilpres Nasional jika dilihat dari periode sebelumnya. Oleh sebabnya, Jawa Timur menjadi Provinsi yang ditengarai akan menjadi pertempuran sengit sebagai penentu calon presiden.

“Jika koalisi Partai Gerindra dan PKB terus berlanjut dan Prabowo didampingi calon wakil presiden yang disukai warga nahdliyin, bukan tak mungkin untuk pertama kalinya Prabowo akan menang di Jawa Timur sekaligus menang secara nasional,” ungkapnya.

Survei Lembaga Survei Nasional (LSN) kali ini dilaksanakan pada 2-11 Januari 2022 dan melaksanakan survei di sebanyak 6 Provinsi yang ada di Jawa. Adapun survei dilakukan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 tahun atau memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

Jumlah yang mengikuti survei kali ini yakni 810 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampe secara acak bertingkat. Tingkat kepercayaan dalam survei ini sekira 95 persen dengan margin of eror sebesar kurang lebih 3,5 persen.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini