get app
inews
Aa Read Next : Dengan Cara Unik Seorang Ayah Potong Rambut Anaknya Pakai Sendok, Kok Bisa?

Viral Videonya Warga Larang Ibadah Natal di Bogor, Begini Penjelasan Polisi

Senin, 26 Desember 2022 | 18:52 WIB
header img
Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin. Foto/Dok SINDOnews

BOGOR, iNewsKarawang.id - Terkait dugaan pelarangan ibadah Natal oleh sejumlah warga di wilayah Sukaraja, Kabupaten Bogor, videonya viral di media sosial. Akan tetapi permasalahan tersebut diselesaikan dengan mediasi.

"Peristiwa itu terjadi Minggu 25 Desember 2022. Awalnya, terdapat pemilik rumah yang akan menyelenggarakan ibadah Natal di rumahnya," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin pada Senin (26/12/2022).

Iman menjelaskan, pemilik akan menyelenggarakan ibadah Natal dengan mendatangkan jemaat dari luar daerah dan mengklaim tempat tersebut adalah gereja. Namun, warga bereaksi karena sebelumnya sudah ada kesepakatan bahwa mempersilahkan untuk beribadah Natal hanya untuk keluarga.

Adapun yang menjadi poin keberatan warga karena adanya jemaat dari berbagai daerah ikut datang untuk beribadah. ”Yang menjadi keberatan warga karena jemaat dari berbagai daerah dan itu bukan gereja. Namun rumah tinggal dan tidak memiliki ijin rumah ibadah,” jelasnya.

Mendapat laporan tesebut, polisi beserta TNI mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan mediasi dan pengamanan. Dari lokasi, polisi mendapati beberapa fakta terkait kejadian tersebut.

 ”Sudah ada kesepakatan hasil mediasi sebelumnya bahwa warga tidak keberatan untuk peribadatan keluarga namun dilanggar. Jemaat di lingkungan setempat berjumlah 3 orang dan tokoh setempat menyiapkan sarana transportasi untuk ke gereja terdekat,” ungkapnya.

Ditegaskannya, peribadatan perayaan Natal di lokasi tersebut tetap dilaksanakan dengan penjagaan petugas kepolisian, TNI dan kecamatan. Warga mempersilakan pemilik rumah untuk menepuh mekanisme perizinan terkait tempat ibadah.

 ”Inilah yang kemudian yang menjadi sedikit gesekan. Namun pada pelaksanaanya kami lakukan mediasi dengan para pihak kemudian pelaksanaan ibadah Natal itu bisa berjalan sampai selesai. Saya sama Dandim juga ada di lokasi,” tutupnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut