get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan : Jawa Barat Berpotensi Cuaca Ekstrem saat Pencoblosan Pemilu 2024, Waspada!

Hindari 5 Makanan ini Saat Dilanda Batuk dan Pilek

Senin, 24 Oktober 2022 | 12:19 WIB
header img
Ilustrasi makanan pedas. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan, dimana mengalami perubahan suhu ekstrem dan membuat tubuh harus mengeluarkan energi berlebih agar mampu beradaptasi dengan suhu dingin. Hal ini membuat sebagian orang rentan terserang penyakit, diantaranya batuk dan pilek.

Daya tahan tubuh yang rendah dapat memperparah penyakit batuk dan pilek. Untuk mencapai kondisi yang prima, sebaiknya perhatikan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Sebab asal memilih menu makanan berpotensi memperparah penyakit tersebut.

Penting untuk menghindari beberapa makanan agar kesehatan penderita cepat membaik. Tidak perlu khawatir, simak 5 makanan pantangan untuk penyakit batuk dan pilek yang dirangkum dari firstpost.com

1. Gula

Kamu mungkin mendambakan teh manis atau sesuatu yang manis ketika sedang flu. Tetapi gula adalah salah satu makanan yang dapat memperburuk penyakit batuk dan pilek.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Immunology pada tahun 2017, peningkatan asupan gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh, terutama saat melawan infeksi virus.

2. Alkohol

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Alkohol pada tahun 2007, mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan peradangan paru-paru dan bronkial. Alkohol juga dapat menekan sel darah putih dalam darah yang dibutuhkan untuk melawan dingin. Terlebih lagi, alkohol bisa membuat dehidrasi, padahal yang paling penting saat pilek adalah terhidrasi dengan baik.

3. Minuman kafein

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan untuk membuat Anda tetap terhidrasi saat Anda pilek. Kopi, teh dan minuman berkafein bertindak sebagai diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran air dan garam dari tubuh Anda. Jadi jelas, meminum tiga-empat cangkir cappuccino atau latte secara teratur bukanlah ide yang baik ketika Anda sedang pilek.

4. Susu

Sebagian orang tahu untuk tidak minum susu dan produk susu saat pilek. Hal ini karena produk susu membuat dahak lebih banyak yang jelas akan memperburuk keadaan. Namun, penelitian telah menemukan bahwa alih-alih menghasilkan lebih banyak dahak di dalam tubuh, susu justru membuat lendir menjadi lebih kental dan sulit untuk dihilangkan. Bagaimanapun, yang terbaik adalah menghindari susu saat terkena penyakit pilek.

5. Makanan pedas

Kamu pasti pernah mendengar bahwa mengkonsumsi makan pedas saat batuk dan pilek dapat membantuk mengencerkan lendir. Hal tersebut benar dan terlebih lagi, capsaicin dalam cabai juga memiliki efek desensitisasi yang membantu mengelola peradangan.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada tahun 2016, mengungkapkan bahwa capsaicin juga merangsang produksi lebih banyak dahak. Makan pedas mungkin meredakan gejala selama beberapa menit, tetapi akan memperburuk keadaan dalam jangka panjang dan menunda pemulihan.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 5 Makanan Pantangan untuk Dikonsumsi saat Batuk dan Pilek, Biar Cepat Sembuh!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut