get app
inews
Aa Read Next : Rumah Bordil Jaringan Prostitusi Kelas Atas Terbongkar, Siapa Saja Kliennya ?

Berikut Deretan Kriteria Pekerjaan yang Haram dalam Agama Islam, Bukan hanya Zina

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 18:42 WIB
header img
Ilustrasi prostitusi. (Foto: Pixelshot)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Mencari rezeki yang halal merupakan hal yang wajib dilakukan bagi umat muslim. Pasalnya, rezeki yang halal dan baik akan mengantarkan seseorang semakin dekat Allah SWT

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Nabi Muhammad yang termaktub dalam sebuah hadits berikut.

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :طَلَبُ الْحَلَا لِ وَاجِبٌ عَلَى

 كُلِّ مُسْلِمٍ.

Rasulullah bersabda: mencari rezeki yang halal hukumnya wajib atas setiap orang Muslim (HR Thabrani)

Di dalam Al Quran, juga telah diterangkan dengan jelas bahwa umat Muslim diharuskan makan dari segala rezeki yang baik dan halal. Hal itu termaktub dalam salah satu ayat di surat Al Baqarah dan Al Al Mu’minun

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَاشْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya. (QS. Al Baqarah: 172).

يٰٓاَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوْا مِنَ الطَّيِّبٰتِ وَاعْمَلُوْا صَالِحًاۗ اِنِّيْ بِمَا تَعْمَلُوْنَ عَلِيْمٌ ۗ

Artinya: Allah berfirman, “Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Jika seorang Muslim dituntut untuk mendapatkan kemaslahatan dunia dengan cara yang halal, lantas jenis pekerjaan apa yang diharamkan dalam Islam? Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang haram untuk mendapatkan rezeki.

Kabur ke Yogyakarta, Guru Cabul di Banjarmasin Modus Beri Pekerjaan Ditangkap

5 Jenis Pekerjaan yang Haram dalam Islam:

1. Pekerjaan yang Erat dengan Hal-Hal Zina

Segala jenis pekerjaan yang melibatkan diri sendiri atau orang lain untuk berzina hukumnya adalah haram. Sebagai contoh pekerjaan yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah germo atau muncikari, penyedia tempat prostitusi, menjadi WTS atau pelacur, dan sebagainya.

Hal-hal zina adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Hukum tersebut telah termaktub dalam Al Quran di mana Allah berfirman:

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32).

2. Pekerjaan yang Zalim

Mencari rezeki dengan cara yang zalim atau merugikan orang lain jelas adalah pekerjaan yang sangat diharamkan. Jenis pekerjaan ini sangat tidak diridhai Allah dan bisa tergolong dosa besar.

Contoh pekerjaan ini antara lain adalah menipu, memeras, mencuri, menyuap, berjudi, korupsi, dan lain sebagainya. Hal ini telah disampaikan dalam sabda Nabi yang termaktub dalam hadits Imam Ahmad.

"Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasul SAW bersabda: Allah SWT melaknat penyuap dan yang di suap." (HR. Imam Ahmad).

3. Pekerjaan yang Dekat dengan Riba

Segala pekerjaan yang sangat dekat dengan riba sejatinya adalah haram. Dasar mengenai larangan pekerjaan riba tercantum dalam hadist riwayat Muslim.

“Dari Jabir ra., ia berkata: Rasulullah SAW telah melaknat pemakan riba, penyetor riba, penulis transaksi riba, dan dua saksi yang menyaksikan transaksi riba. Kata beliau, semuanya sama dalam dosa.” (HR. Muslim)

Riba dalam konteks transaksional adalah ketentuan nilai tambahan dengan melebihkan jumlah nominal pinjaman atau utang saat dilakukan pelunasan. Atau dengan istilah lain, riba adalah nilai tambahan atau pembayaran utang yang melebihi jumlah piutang dan telah ditentukan sebelumnya oleh salah satu pihak. 

Al Quran dengan tegas melalui beberapa ayat telah menyinggung larangan riba. Salah satunya melalui Surat An-Nisa ayat 161.

وَّاَخْذِهِمُ الرِّبٰوا وَقَدْ نُهُوْا عَنْهُ وَاَكْلِهِمْ اَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ ۗوَاَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِيْنَ مِنْهُمْ عَذَابًا اَلِيْمًا

Artinya: dan karena mereka menjalankan riba, padahal sungguh mereka telah dilarang darinya, dan karena mereka memakan harta orang dengan cara tidak sah (batil). Dan Kami sediakan untuk orang-orang kafir di antara mereka azab yang pedih.

4. Pekerjaan yang Terkait dengan Kesyirikan

Salah satu jenis pekerjaan yang haram adalah yang kegiatan yang erat dengan perbuatan syirik. Contoh pekerjaan ini antara lain adalah ahli nujum atau dukun, paranormal, dan sejenisnya.

Contoh lain misalnya adalah membuat patung atau berhala disembah, atau segala hal yang dapat membuat seseorang menyekutukan Allah SWT. Dalam hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Barangsiapa mengunjungi seorang arraf atau peramal (dukun) dan percaya pada apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad (Alquran)." (HR. Imam Ahmad)

5. Pekerjaan yang Terkait dengan Produk Haram

Jenis pekerjaan ini merujuk pada bisnis atau perdagangan produk-produk haram. Antara lain seperti minuman keras, makanan-makanan haram, perdagangan manusia, narkoba dan sebagainya.

Perkara ini juga sudah tertuang dalam Al-Quran dalam surat Al-Maidah ayat 90, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْاَنْصَابُ وَالْاَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوْهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.

Itulah 5 jenis pekerjaan yang haram dalam Islam. Dalam riwayat yang lain, dijelaskan pula bahwa rezeki yang halal dapat menjadikan doa seseorang menjadi mustajab doanya. 

Sebab rezeki yang halal, akan membuat bersih, tidak bercampur dengan hal-hal syubhat atau bahkan haram. 

Segala sesuatu yang diperoleh dengan cara haram, dapat menghalangi diri dari cahaya Allah dan membuatnya semakin jauh dari Allah. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga ia benar-benar telah mengenyam seluruh rezekinya, walaupun terlambat datangnya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki. Tempuhlah jalan-jalan mencari rezeki yang halal dan tinggalkan yang haram.” (HR. Ibnu Majah)

Semoga sebagai seorang mukmin selalu dijauhkan dari hal-hal yang batil.

Wallahualam bissawab.

Artikel ini sudah terbit di iNews.id dengan judul Jenis Pekerjaan yang Haram dalam Islam, Umat Muslim Diharuskan Menjauhinya

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut