get app
inews
Aa
Read Next : Akibat Jebolnya Tanggul Sungai Cikapundung,Bey Sebut 400 KK dan 857 Jiwa Terdampak Banjir Bandang

Produksi Susu di Jawa Barat Turun Capai 40 Ton/Hari, Kena Dampak Wabah PMK

Kamis, 15 September 2022 | 20:29 WIB
header img
Ilustrasi Sapi. (Foto: MPI)

BANDUNG, iNewsKarawang.id - Produksi susu mengalami penurunan hingga 40 ton per hari di Jawa Barat.  Pasalnya  wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) hewan ternak yang belum usai.

"Dalam kondisi normal, produksi susu di Jabar mencapai 360 ton per hari. Namun kini, produksi susu maksimal hanya 300 ton per hari,"ucap Kepala Dinas Ketahanan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar, Arifin Soendjajana, Kamis (15/9/2022).

Arifin mengklaim bahwa upaya pemulihan dampak PMK hingga kini terus dilakukan. Tapi sejauh ini pihaknya belum menemukan solusi untuk mengatasi turunnya produksi susu.

"Walaupun sudah ada penyembuhan, sudah ada recovery, produksi susu kita tetap turun sekitar 40 ton per hari dari produksi satu hari itu (normal) di angka 340 ton," ujarnya. 

Disinggung upaya pemulihan yang terus dilakukan, Arifin menjelaskan, salah satunya terus melakukan vaksinasi pada sapi perah milik produsen susu.

"Hanya saja ini butuh waktu. Kita terus lakukan recovery-nya dengan melakukan penambahan vitamin, obat, sehingga produksi dari sapi perah ini juga bisa segera pulih," terangnya.

Adapun dosis vaksin PMK yang telah disalurkan, Arifin memastikan bahwa pihaknya terus melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, agar produksi susu segera kembali normal.

"Capaian vaksin anti-PMK di Jabar untuk dosis 1 dan 2 sudah mencapai 160.170 dosis," katanya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut