get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Tahun Depan BLT Dana Desa Dihapus

Senin, 22 Agustus 2022 | 07:57 WIB
header img
BLT Dana Desa akan di hapus tahun depan, dana ini akan dialihkan ke bantuan sosial lainnya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dikabarkan akan dihapus ditahun depan, Dana ini dialihkan untuk bantuan sosial lainnya. 

Penghapusan BLT Dana Desa 2023 jika anggaran untuk penangangan Covid-19 tahun depan sudah tidak ada.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A Halim Iskandar mengungkapkan, BLT pada 2023 kemungkinan masih dianggarkan, namun bukan untuk penanganan pandemi yang penyalurannya lebih lebih luas, akan tetapi untuk penanganan kemiskinan ekstrem.

"2023 ketika pandemi ini sudah tidak ada lagi karena dampaknya sudah bisa ditangani, tentu BLT dana desa yang kebijakannya berdasarkan kondisi pandemi covid tentu akan diubah," ujar Gus Halim.

Mandes mengungkapkan, BLT tetap ada di 2023 tapi dengan tujuan pembangunan berbeda untuk penanganan kemiskinan ekstrem. 

"Bisa saja tetap ada BLT tetapi narasi pembangunan berbeda, tahun 2023 narasi yang mendasari penggunaan dana desa BLT adalah percepatan penanganan kemiskinan ekstrem," ujar Mendes.

Abdul Halim Iskandar menjelaskan, dilihat dan dipahami selama ini bahwa kemiskinan struktural menimpa lebih buruk pada Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Sementara PEKKA lebih sulit mendapatkan bantuan dan akses pemberdayaan.

Oleh karena itu, BLT dana desa kini memberikan porsi sangat tinggi agar PEKKA mendapatkan bantuan sosial. Proporsi PEKKA tidak pernah kurang dari 30% KPM. Bahkan rata-rata proporsi PEKKA penerima BLT dana desa di lima provinsi melebihi 50%.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut