get app
inews
Aa Read Next : Kepung Kantor Bupati, Pedagang Minta Solusi Soal Penyegelan Kios di Pasar Proklamasi

PT KAI Daop 1 Jakarta Jalin Kerja Sama dengan Karawang dan Sukabumi

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 13:04 WIB
header img
Kereta Api. (Foto: Sindo)

Dalam rangka meningkatkan layanan transportasi KA disejumlah wilayah, PT KAI (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta  menjalin kerja sama dengan Pemerintah  Kabupaten Karawang dan Sukabumi. 

Kerjasama tersebut untuk pemanfaatan serta penjagaan aset KAI yang tersebar di berbagai lokasi. 

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan,  komitmen kerjasama ini dituangkan melalui perjanjian bersama pemerintah Kabupaten Karawang dan Kota Sukabumi. 

Eva menjelaskan,  pihaknya  menjalin kerja sama dengan Pemkab Karawang  melalui  program pembangunan ruang terbuka hijau di pasar Rengasdengklok 

Selain itu,  guna mengakomodir kebutuhan transportasi KA dilakukan  pemanfaatan dan penjagaan aset serta pengembangan transportasi KA.

Terlebih saat ini terdapat 7 perjalanan KA jarak jauh yang berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Karawang. 

"Jumlah ini sudah lebih banyak jika dibandingkan dua tahun lalu. Stasiun Karawang juga melayani 6 perjalanan KA Lokal relasi Cikarang - Purwakarta,"terang Eva pada Jumat (04/08/2022).

Sementara PT KAI Daop 1 Jakarta menjalin kerja sama dengan  Pemkot Sukabumi untuk melaksanakan sinergi berdasarkan kewenangan, kompetensi, program dan kegiatan yang saling mendukung dalam peningkatan koneksitas transportasi KA dengan angkutan perkotaan di Kota Sukabumi. 

Pihaknya juga melakukan penataan kawasan Stasiun Sukabumi, untuk mempermudah masyarakat beralih moda transportasi dari dan menuju stasiun, Hal ini untuk menunjang aktifitas masyarakat menggunakan transportasi KA.

PT KAI Daop 1 Jakarta  telah mengoperasikan kembali KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor dan sebaliknya dengan total 6 perjalanan KA per hari dengan tarif Rp45 ribu (kelas Ekonomi) dan Rp80 ribu (kelas Eksekutif). 

Pada saat penandatanganan kerja sama, Executive Vice President PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta Suryawan Putra Hia menyampaikan bahwa MoU ini merupakan langkah nyata kerjasama antara BUMN dan Pemkot. Kedepannya para pihak dapat berkolaborasi untuk penataan lingkungan sekitar stasiun guna menunjang aktivitas masyarakat sesuai kewenangan dan ketentuan yang berlaku.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut