get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Batal Tinggalkan AFF Setelah Dengar Pernyataan Ketum PSSI, Media Vietnam Kaget

Selasa, 26 Juli 2022 | 09:59 WIB
header img
Media Vietnam kaget Timnas Indonesia batal tinggalkan AFF. (Foto: Instagram/@PSSI)

Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI memilih bertahan di Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) membuat media Vietnam, Soha.vn kaget mendengar kabar tersebut.

Pasalnya pada Selasa 19 Juli 2022, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan dengan penuh keyakinan bahwa PSSI melalui Sekjen sudah berkomunikasi dengan Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

"Iya (komunikasi dengan EAFF) sudah menyampaikan kita lewat Sekjen. Mungkin dia (EAFF) seneng aja kalo kita masuk," kata Mochamad Iriawan kepada awak media yang juga dihadiri tim MNC Portal Indonesia, Selasa 19 Juli 2022.

Mochamad Iriawan sempat mengatakan PSSI sudah menjalin komunikasi dengan EAFF) Kemudian pada Sabtu 23 Juli 2022, Mochamad Iriawan kembali ditanya soal wacana Indonesia meninggalkan AFF. Pria yang disapa Iwan Bule ini menegaskan PSSI tak pernah berniat meninggalkan AFF.

"Saya tidak mengatakan kami akan keluar dari AFF. Saya hanya menyampaikan keinginan warganet. Tidak pernah. Tolong ini diperhatikan," kata Mochamad Iriawan.

“Kami harus meneliti, menganalisis, tidak bisa membuat keputusan begitu cepat. Ini adalah asosiasi negara-negara ASEAN, secara politik kita berdiri bersama dalam asosiasi ini", lanjut Mochamad Iriawan.

Hal inilah yang mendapat perhatian media Vietnam. Pernyataan Ketua Umum PSSI yang berbeda 180 derajat dalam satu minggu terakhir membingungkan mereka.

“Presiden PSSI mengubah haluan dan memilih tidak meninggalkan AFF?,” tulis Soha dalam judul artikel yang mereka buat

“PSSI menegaskan mereka tidak akan meninggalkan AFF seperti yang diumumkan secara fasih minggu lalu. Ketua Umum PSSI membantah segera gabung EAFF. Ia mengatakan rencana angkat kaki dari AFF bukanlah rencananya,” lanjut Soha.

Jika melihat kondisi saat ini, AFF memang tempat yang pas bagi Timnas Indonesia. Sebab, AFF memiliki jenjang turnamen yang jelas dan itu penting bagi perkembangan pemain muda.

Sementara itu, EAFF tidak memiliki turnamen kelompok umur. Bahkan, negara-negara kuat mereka seperti Jepang, Korea Selatan dan China pernah ambil bagian di Piala AFF U-16 dan U-19.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut