get app
inews
Aa Read Next : Asrama Sekolah Kebakaran, 13 Orang Tewas Mengenaskan

Damkar Rengasdengklok Beri Edukasi Soal Pencegahan Kebakaran

Rabu, 13 Juli 2022 | 13:49 WIB
header img
Petugas Damkar Cabang Rengasdengklok sedang memberikan sosialisasi kepada warga. (Foto: Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNews.id - Antisipasi cuaca ekstrem, regu Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Cabang Kecamatan Rengasdengklok lakukan sosialisasi tentang faktor penyebab kebakaran, tindak penyelamatan, dan penanganan awal jika terjadi kebakaran.

Komandan Regu Pos Cabang Kecamatan Rengasdengklok Peleton III, Cecep Jeni R.W mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat dalam menanggulangi kebakaran, mengingat cuaca baru-baru ini terbilang ekstrem.

"Kita antisipasi saja, dari pada harus terjadi kebakaran di rumah kita sendiri, lebih baik mencegah dan pencegahannya sendiri pun cukup mudah," ujarnya, Rabu (13/7/2022).

Pencegahan kebakaran dapat dimulai dari rumah sendiri, mulai dari mematikan barang elektronik yang sudah tidak digunakan.

"Sederhananya, kita mulai dari rumah kita sendiri dengan mematikan atau mencabut barang elektronik yang tidak digunakan kembali seperti kipas angin, charger handphone, dan lampu jika rumah akan ditinggal lama atau sebentar, guna meminimalisir terjadinya korsleting listrik," jelasnya.

Selain mematikan barang elektronik, upaya lainnya juga bisa dilakukan dengan cara melakukan pembakaran sampah di tempat yang tidak dekat dengan benda yang mudah terbakar.

"Diusahan janganlah dibiasakan membakar sampah di lokasi yang dekat dengan benda-benda yang mudah terbakar. Dan jangan lupa pastikan api benar-benar padam jika sudah selesai melakukan pembakaran sampah," katanya.

Lalu, ia juga mengimbau kepada masyarakat khususnya wilayah Rengasdengklok, jika terjadi kebakaran atau membutuhkan bantuan non kebakaran untuk segera menghubungi pos Damkar Rengasdengklok.

"Jangan ragu, jangan malu, langsung saja hubungi kami. Mau itu bantuan non kebakaran seperti penanganan hewan liar seperti ular, lebah, atau cicin yang sulit terlepas langsung saja hubungi atau datang langsung ke kantor Damkar Rengasdengklok. Karena kami siap siaga untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada masayarakat khususnya di wilayah Kecamatan Rengasdengklok dan sekitarnya," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut