get app
inews
Aa Read Next : Perihal Pemberian Bansos untuk Keluarga yang Tedampak Judi Online, Ini Tanggapan Jokowi

Pesawat dan Helikopter Super Canggih yang Dipakai Presiden Joko Widodo, Ini Jenis Pesawatnya

Minggu, 03 Juli 2022 | 11:42 WIB
header img
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentu menggunakan pesawat terbang dan helikopter kepresidenan dalam melakukan kunjungannya ke luar kota atau luar negeri.

Selain itu, ada pula helikopter lain yang ia gunakan, salah satunya adalah Sikorsky CH53 saat menghadiri KTT G7 di Jerman

Boeing BBJ2

Pesawat kepresidenan yang kini digunakan adalah jenis Boeing Business Jet 2 atau BBJ tipe Boeing 737-800. Melansir Sindonews, pesawat yang dipesan sejak 2011 ini dibeli pemerintah seharga Rp820 miliar. Presiden pertama yang menggunakan BBJ2 adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 2014. Setelahnya, digunakan oleh Presiden Jokowi pada 5 Mei 2014 ke Bali.

BBJ2 mampu menampung 67 orang dengan durasi terbang selama 10 hingga 12 jam. Pesawat ini sudah dilengkapi dengan sistem antirudal dan sensor yang mampu mendeteksi panas, sehingga pesawat mampu menghindar jika ada benda asing yang mendekati.

Sementara itu, pesawat dengan panjang 39,5 meter ini mempunyai 2 jenis mesin turbofan dengan kecepatan jelajah mencapai 969,3 km per jam.

Sikorsky CH53

Helikopter militer dengan tipe Sikorsky CH53 menjadi kendaraan Jokowi saat menuju tempat diselenggarakannya KKT G7 di Jerman pada 27 Juni 2022. Jokowi menumpang helikopter tersebut bersama Perdana Menteri India Narendra Modi.

Helikopter ini merupakan transportasi canggih yang dikembangkan oleh Sikorsky Aircraft sejak tahun 2008. Dibandingkan dengan heli edisi sebelumnya, yakni CH-53E Super, CH53 mampu mengangkat beban 80% lebih kuat dibandingkan dengan pendahulunya. Heli ini juga mampu bertahan dari tembakan darat dengan kekuatan setara dengan 7.500 tenaga kuda dan kecepatan 315 km per jam.

Helikopter Super Puma

Helikopter kepresidenan Super Puma berjenis AS-332L2 masuk hangar untuk melakukan perawatan di awal tahun. Berbagai sumber menyebut, helikopter yang memiliki nomor lambung H-3204 itu mendapat perawatan agar dapat tetap tampil prima dalam melayani Presiden saat bertugas. Heli ini kembali ditugaskan pada 10 Juli 2020.

Saat itu, helikopter Super Puma membawa Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan tugas ke Kabupaten Kapuas. Ada perbedaan mencolok dari heli milik TNI AU ini. Jika sebelumnya berwarna biru, Super Puma tersebut telah berubah warna menjadi merah putih.

Boeing 777-300ER

Jokowi pernah menggunakan pesawat milik maskapai Garuda Indonesia Boeing 777-300ER untuk kunjungan kerjanya ke beberapa negara, yakni Italia, Inggris dan Qatar pada September 2021. Dalam kunjungan itu turut pula Menteri Luar Negeri, Menteri BUMN, Menteri BUMN, dan Sekretaris Kabinet. Pesawat ini sengaja dipilih untuk lebih mengefisienkan waktu.

Durasi penerbangan ke Roma, Italia bisa ditempuh selama 13 jam tanpa melakukan transit. Pesawat ini berkapasitas 314 orang dengan 8 kursi untuk penumpang first class, 38 kelas eksekutif, serta sisanya kelas ekonomi.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut